0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pendapatan Pajak Hotel di Solo Tak Sesuai Target

dok.timlo.net/setyo pujis
Pj Walikota Solo Budi Yulistianto (dok.timlo.net/setyo pujis)

Solo – Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan, dan Aset (DPPKA) Solo, mencatat bahwa penerimaan pajak hotel di semester pertama 2015 tidak sesuai dengan target yang diharapkan. Hal itu disebabkan dampak dari lesunya pertumbuhan ekonomi dan kebijakan pemerintah yang melarang rapat di hotel bagi PNS beberapa waktu yang lalu.

“Untuk target penerimaan pajak hotel sepertinya memang tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan. Karena dari target tahun ini sebesar Rp 22,3 miliar sampai dengan akhir Juli kemarin baru 46,14 persen,” ujar Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan, dan Aset (DPPKA) Solo, Budi Yulistianto kepada wartawan, kemarin.

Turunnya penerimaan pajak tersebut belum diketahui secara persis penyebabnya. Namun demikian dikatakan, mungkin karena dampak dari kebijakan pelarangan rapat di hotel bagi PNS oleh pemerintah beberapa waktu yang lalu.

“Mungkin karena hotel kita cukup menggantungkan sektor MICE dari pemerintah, sehingga ketika itu dilarang imbasnya langsung kepada hotel,” jelasnya.

Terkait dengan adanya revisi kebijakan tersebut, dirinya juga beranggapan belum sepenuhnya memulihkan kondisi perhotelan. Oleh karena aturan untuk menggelar rapat dihotel bagi PNS masih cukup ketat.

“Untuk menindaklanjuti kondisi ini kita juga melakukan audit. Hal itu kita lakukan untuk mengetahui kondisi riil yang terjadi pada wajib pajak,” tandasnya.

Editor : Eddie Mutaqin

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge