0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Penghapusan Aset Hambat Pembangunan Gedung SMP 27 Solo

DSC_0337
idak komisi IV di lokasi pembangunan SMP 27, jl Transito, Pajang ()

Solo —  Pembangunan gedung baru SMP 27 di bekas kantor Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Jl Transito, Kelurahan Pajang, Laweyan diketahui mengalami kendala penghapusan aset. Sebagian bangunan lama belum dirobohkan dan tumpukan material bongkaran masih berada di lokasi.

Hal itu diketahui saat Komisi IV DPRD Solo melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke lokasi pembangunan, Kamis (20/8). Penjabat (Pj) Walikota Solo, Budi Suharto turut serta dalam Sidak.

“Kontraktor harusnya tidak membongkar sendiri. Ini progresnya baru dua persen. Padahal pembangunan sudah mulai 7 Juli kemarin,” kata Ketua Komisi IV DPRD Solo, Hartanti di sela Sidak.

Menurut Hartanti, pembongkaran bangunan dilakukan oleh kontraktor. Sementara, penaksirannya dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum (DPU). Semestinya, pembongkaran dan penjualan aset dilelangkan sehingga menjadi tanggung jawab pemenang lelang.

“Kalau seperti ini kan jadi repot. Mestinya dihapus dulu, baru kemudian dibangun,” ujarnya.

Sementara, Konsultan Pengawas pembangunan gedung SMP 27, Fitri Pancawati mengatakan, penghapusan aset memang menjadi tanggungjawab kontraktor. Pasalnya, anggaran penghapusan aset masuk dalam biaya kontraktor.

“Mungkin maunya tim aset Pemkot biar langsung kontraktornya. Biasanya penghapusan aset memang dilelang sehingga saat kita masuk sudah bersih,” ungkap dia.

Dia melanjutkan, material bongkaran masih tertahan di lokasi pembangunan lantaran kontraktor masih kebingunan mencari lokasi untuk menampung material. Namun, Pj Walikota memberi opsi tempat di Solo Techno Park (STP).

Fitri optimis, pembangunan selesai sesuai jadwal pada 17 November mendatang. Capaiannya pembangunan baru dua persen mengingat pekerjaan masih sedikit. Progres pembangunan akan terlihat di pekerjaan akhir.

“Ini masih landai. Nanti akan kita genjot dan lembur terus,” ungkapnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge