0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

20 Desa Terancam Tidak Bisa Mencairkan ADD

merdeka.com
Ilustrasi Uang (merdeka.com)

Sukoharjo — Menjelang pencairan, 20 desa terancam tidak  bisa menerima alokasi dana desa (ADD) tahap ke II karena APBDes belum selesai disusun. Penyusunan APBDes sendiri di-deadline tiga bulan sebelum tahun anggaran berakhir.

“Dari laporan yang kita terima, berbagai permasalahan masih mengganjal, namun yang jelas saat ini masih dalam proses, dan mudah-mudahan bisa segera diselesaikan tepat waktu, kerena sebagai salah satu persyaratan mencairkan ADD” kata Sekda Sukoharjo, Agus Santosa, Rabu (19/8).

APBDes sebenarnya pedoman dalam mengelola program kegiatan dan keuangan, fungsinya sebagai alokasi dan kejelasan program. Sehingga jika dalam menjalankan pemerintahan tanpa dasar dan tidak tahu mau belanja apa, pemerintahan tidak akan bisa berjalan.

Sedangkan dana desa dari APBD Sukoahrjo sendiri rencananya akan dicairkan pada akhir Bulan Agustus tahun ini. Namun sebelumnya, pada (26/8) pemkab Sukoharjo akan mengundang Kepala Desa, Bagian Keuangan, Camat untuk diberikan bimbingan teknis pengelolaan dana desa.

Sebagai dasar pencairan dana desa, Pemkab Sukoharjo telah menyiapkan tiga Perbup yang sudah memuat aturan teknis dari UU No 6/2014 tentang Desa. Ketiganya adalah, Perbup tentang tatacara pencairan, Perbup tentang alokasi dana desa ke masing-masing desa dan Perbup tentang pengadaan barang dan jasa.

“Harapannya program dapat terselanggra dengan baik dengan meminimalkan permasalahan dengan pemahaman yang bersifat teknis,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge