0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Angkat Ikon, Klaten Lurik Carnival Digelar Pertama Kali

timlo.net/aditya wijaya

Klaten Lurik Carnival

Klaten — Menyambut HUT Kemerdekaan RI ke 70, Pemkab Klaten menggelar pawai bertajuk Klaten Lurik Carnival, Rabu (19/8). Kegiatan berlangsung di sepanjang Jalan Veteran hingga Pemuda Klaten itu menyedot antusiasme ribuan warga.

“Sebanyak 30 kontingen dari 26 kecamatan, serta beberapa SKPD mengikuti karnaval yang baru digelar untuk pertama kalinya ini,” kata Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Klaten, Joko Wiyono, Rabu (19/8).

Selain memperingati HUT RI, ditambahkannya, Klaten Lurik Carnival bertujuan mengangkat Klaten sebagai ikon kota lurik. Harapannya warga masyarakat bisa tertarik menggunakan lurik dalam kehidupan sehari-hari.

“Lurik merupakan kain khas Klaten, jadi harus dilestarikan. Kalau bukan dari diri kita sendiri, siapa lagi yang akan melestarikan tinggalan nenek moyang,” tambahnya.

Dari pantauan Timlo.net, sejak pukul 13.00 WIB warga sudah tumpah ruah memenuhi jalan protokol Klaten. Diawali dengan truk tangki BPBD yang menyemprot jalanan, para kontingen lantas berjalan lebih kurang empat kilo meter dan berakhir di red carpet depan rumah dinas Bupati Klaten.

“Setiap peserta Klaten Lurik Carnival akan dinilai berdasarkan memadukan gaya lurik, keluwesan dan juga aerogonomis,” ujar Joko.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge