0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

WKO Menyusut, Warga Tanami Sabuk Hijau

timlo.net/nanin

Waduk Kedung Ombo mulai menyusut airnya

Boyolali — Waduk Kedung Ombo, Kemusu, Boyolali, airnya mulai mengalami penyusutan. Kondisi ini dimanfaatkan warga sekitar untuk bertani di sepanjang sabuk hijau WKO. Tidak hanya di lahan sabuk hijau, warga juga menanami sepanjang aliran sungai yang mulai mengering.

“Setiap tahun kita manfaatkan lahan WKO yang mengering untuk bertani, sayang kalau tidak dimanfaatkan,” ujar Paino (62) warga Desa Klewor, Kemusu, Rabu (19/8).

Dijelaskan, sudah menjadi tradisi warga yang tinggal di seputaran waduk memanfaatkan lahan yang kering untuk bertani. Pasalnya, lahan yang kering justru dinilai subur. Biasanya warga menanami dengan tanaman jagung dan kacang tanah. Sebagian juga memanfaatkan bertanam padi.

Sementara itu, Koordinator SAR Waduk Kedungombo, Sarwono menyatakan, saat ini ada 25 Hektar lahan surut yang ditanami oleh masyarakat sekitar. Jumlah tersebut akan terus bertambah menyusul musim kemarau yang panjang.

“Luasan 25 hektar itu baru di Kemusu, belum lagi di Sragen, bisa semakin luas,” ujarnya.

Elevasi air di WKO sendiri saat ini mencapai 80 mdpl, sedangkan biasanya bisa mencapai 94 mdpl, terutama di musim penghujan.  Namun, meski mengalami penyusutan, kondisi air di WKO masih tergolong normal. Sehingga petani yang mengandalkan suplai air WKO untuk irigasi tidak perlu khawatir.

“Tapi penggunaanya harus tetap dihemat, ini untuk menjaga kondisi bendungan agar tetap aman,” tambahnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge