0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kuasa Hukum Sutan Bhatoegana Sebut Hakim Sesat

dok.merdeka.com

Sutan Bhatoegana

Timlo.net – Mantan Ketua Komisi VII DPR, Sutan Bhatoegana divonis hukuman penjara 10 tahun dan wajib membayar denda Rp 500 juta subsider 1 tahun kurungan oleh Majelis Hakim Tipikor. Atas vonis tersebut, Sutan melalui kuasa hukumnya, Egi Sudjana menuding semua hakim memutus tidak sesuai dengan substansi perkara.

Bahkan, Egi secara gamblang menyebut Ketua Majelis Hakim, Artha Theresia Silalahi bersama 4 hakim anggota yakni, Hakim Anwar, Hakim Casmaya, Hakim Saiful Arif dan Hakim Ugo merupakan hakim sesat.

“Hakim secara administrasi mereka hakim tapi secara substansinya mereka bukan hakim. Hakim semuai ini sesat,” tegas Egi, Rabu (19/8).

Tak hanya itu, Egi juga menyatakan vonis yang diputus Majelis Hakim tidak sesuai dengan fakta hukum. Untuk itu, Sutan beserta tim kuasa hukum yakin jika para hakim akan mendapatkan azab atas putusan tersebut.

“Kok hukum diputer balik seenaknya. Tinggal tunggu azab Allah buat para hakim ini,” pungkas Egi.

Sementara, Majelis Hakim menilai, Sutan telah terbukti secara sah dan meyakinkan telah melakukan tindak pidana korupsi terkait pembahasan APBNP di Kementerian ESDM tahun anggaran 2013.

“Menyatakan terdakwa sutan Bhatoegana telah terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi sebagaimana diatur dalam dakwaan primer dan kedua lebih subsider,” kata Ketua Majelis Hakim, Artha Theresia.

Majelis Hakim menyatakan, bahwa Sutan terbukti telah melanggar Pasal 12 huruf a juncto Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

[gil]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge