0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hanya 30 % Hasil Penelitian yang Diimplementasikan

dok.timlo.net/tyo eka
Ketua LPPM UMS, Agus Ulinuha (dok.timlo.net/tyo eka)

Sukoharjo – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dalam mendorong agar minat dosen tetap besar terhadap penelitian, dengan melakukan pendampingan sejak fakultas.

“Pendampingan itu perlu, lantaran keyakinan mereka untuk berkompetisi dalam pengajuan proposal penelitian, terutama tingkat nasional masih perlu mendapat motivasi,” ujar Ketua LPPM UMS, Agus Ulinuha kepada Timlo.net, di Kampus UMS, Pabelan, Kartasura, Sukoharjo, Rabu (19/8).

Artinya, partisipasi dosen dalam melakukan pengajuan proposal penelitian sudah besar, tetapi keberanian untuk ikut berkompetisi secara nasional masih perlu didorong dan didampingi. Terutama untuk meningkatan kualitas proposal penelitian yang diajukan.

Apalagi, lanjut Ulinuha, masih banyak hasil penelitian yang hanya menjadi tumpukan saja di lemari, tanpa diimplementasikan sehingga menjadi hasil yang sia-sia. Bahkan hal itu, umum terjadi di perguruan tinggi -perguruan tinggi di Indonesia, baik negeri maupun swasta.

“Hasil penelitian yang diimplementasi paling hanya sekitar 30% saja,” ujarnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge