0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Apa Saja Fitur-Fitur Baru di Android 6.0 Marshmallow?

Android 6.0 Marshmallow

Dok: Timlo.net/Phone Arena

Android 6.0 Marshmallow

Timlo.net—Google secara resmi merilis Android M. Perusahaan itu mengumumkan jika M merupakan kependekan dari Marshmallow. Sebuah patung maskot Android membawa sebuah marshmallow telah dipasang di halaman markas Google. Patung ini ditempatkan bersama dengan patung-patung Android lainnya. Marshmallow akan dimulai dengan Android 6.0. Lantas apa saja fitur-fitur baru Android Marshmallow?

Tab Chrome Baru

Banyak aplikasi saat ini yang memiliki komponen web, memaksa Anda berganti dari browser dan aplikasi tersebut bila ingin mengakses konten tertentu. Atau Anda bisa melihat web di dalam aplikasi itu.

Tim Chrome menawarkan solusi berbeda—gaya browser Chrome yang terlihat seolah menjadi bagian dari aplikasi. Aplikasi bisa membuka sebuah tab Chrome tersendiri, mengubah gaya tampilannya dan menambahkan tombol sehingga terlihat seolah menjadi bagian asli dari aplikasi itu.

Link Aplikasi

Bagaimana bila aplikasi perlu berinteraksi dengan hal lain selain browser? Android M menambahkan cara aman bagi aplikasi untuk menverifikasi saat mereka mengirim sebuah request (misal membuka Twitter dan menunjukkan sebuah tweet), aplikasi yang menerima permintaan itu adalah aplikasi yang aman. OS ini akan menvalidasi request secara kriptografi dengan server web, yang akan mencegah aplikasi jahat bekerja.

Android Pay

Selama beberapa tahun belakangan, Google berusaha untuk membuat pembayaran seluler bekerja . Android Pay adalah produk terbaru mereka. Layanan ini menggunakan hardware NFC ponsel untuk menjadi perantara antara toko dan kartu kredit Anda.

Toko atau aplikasi yang menjual produk—tidak akan pernah melihat detil kartu kredit Anda karena Pay membuat informasi ini rahasia. Layanan ini akan bekerja dengan penyedia kartu kredit besar, operator seluler di Amerika Serikat (AT&T, T-Mo, VZW) juga dengan berbagai toko seperti McDonald’s, Subway, Best Buy, Coca Cola, Pepsi dan lain-lain.

Sensor sidik jari

Beberapa pabrikan smartphone sudah menggunakan sensor sidik jari untuk mengamankan pembayaran, sekarang Google menyatukan fungsi ini sebagai bagian resmi Android.

Android M akan menggunakan berbagai jenis sensor, menyediakan aplikasi dengan API yang konsisten, yang membuat pembuatan aplikasi lebih mudah bagi para pengembang.

Pengisian Baterai

Project Volta menjadi bagian dari Android M. Google memperbaiki daya tahan baterai dengan fitur Doze. Ponsel yang memakai OS baru akan menggunakan sensor gerakan untuk mendetekesi saat ponsel diletakkan dan tidak aktif.

Dengan demikian aktivitas aplikasi untuk mengecek informasi dari server dan menjalankan aktivitas background dikurangi. Semakin lama ponsel itu tidak aktif (tidak digunakan), semakin jarang aplikasi melakukan aktivitas di background. Tapi, ponsel bisa dengan cepat “dibangunkan” saat diperlukan.

Hasilnya, Nexus 9 yang dijadikan contoh, bisa tahan dua kali lebih lama saat memakai Android M dibandingkan saat memakai Lollipop.

Fitur lain yang ditambahkan adalah quick charging. Google mengadopasi standard USB Type C untuk mode charging baterai baru mereka, yang bisa mengisi ulang baterai lebih cepat (3-5 kali lebih cepat). Dan karena Type C berjalan dua arah, Anda bisa menggunakan ponsel sebagai power bank.

 Fitur baru Google Now

Google Now sekarang lebih cerdas dengan fungsi “on tap”. Asisten digital ini mengembangkan pemahaman bahasa yang alami, jadi saat kita bertanya dengan cara alami yang kita gunakan untuk berbicara, aplikasi ini akan mengerti apa yang kita maksudkan. Layanan ini juga bisa mengecek apa yang sedang kita kerjakan dengan ponsel kita.

Dalam sebuah event, Google menunjukkan demo bagaimana Google Now on Tap menjawab pertanyaan “What’s his real name?” saat ponsel digunakan untuk bermain Skrillex. Grafis pengetahuan Google menjawab pertanyaan ini, Now on Tap menghubungkan pertanyaan dan aktivitas pengguna (his dalam pertanyaan yang dimaksud adalah Skrillex).

 

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge