0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Rizal Ramli vs JK Memanas, Jokowi Diminta Turun Tangan

dok.merdeka.com

Rizal Ramli-JK

Timlo.net – Menko Kemaritiman Rizal Ramli menantang Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) debat di depan publik. Pemicu ketegangan ini adalah proyek listrik 35.000 Mega Watt yang dicanangkan pemerintah.

Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah berharap agar perdebatan di internal Kabinet Kerja sebaiknya segera diselesaikan. Bahkan kalau bisa Presiden Joko Widodo segera bertindak untuk mendamaikan antara Menko Kemaritiman Rizal Ramli yang ‘perang terbuka’ dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

“Presiden harus mendamaikan ini agar tidak dilihat oleh pasar. Bantah-bantahan itu final di dalam rapat kabinet, tapi jangan muncul di publik. Sebab publik mengambil keputusan dari eksekutif,” kata Fahri, Rabu (19/8).

Politikus PKS ini sebetulnya mengakui bahwa para menteri yang dipilih oleh Presiden Jokowi punya kapabilitas tinggi. Maka dari itu dia juga menitipkan harapan agar setiap menteri mampu bekerjasama dengan baik.

“Saya mengapresiasi karena semua menteri yang masuk ini kelas berat semua. Saya berharap mereka akan lakukan koordinasi dengan baik,” tuturnya.

Selain itu, Fahri mendorong agar pertikaian yang melibatkan menteri ini diselesaikan melalui mekanisme rapat kabinet. Sebab menurutnya perdebatan di depan publik harusnya hanya ada di tingkatan legislatif.

“Selesaikan di dalam rapat kabinet. Saya yakinlah Pak Jokowi mampu memimpin kabinet,” ujarnya.

Lanjut dia, perdebatan di ranah eksekutif dapat mempengaruhi sentimen pasar. Namun, dia menilai Rizal Ramli memang orang yang memiliki karakter khas riset mendalam dan biasa menyampaikan pendapat dengan kritis.

“Saya tidak bisa langsung menyalahkan Pak Rizal sebab mungkin dia punya observasi yang dalam. Dalam hal ini Pak Rizal juga pengamat yang kritis,” tutupnya.

[efd]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge