0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Wonogiri Kaji Pembangunan Tenaga Listrik Alternatif

Tower Listrik (merdeka.com)

Wonogiri – Sebanyak 12 persen lebih kepala keluarga (KK) di Kabupaten Wonogiri belum menikmati aliran listrik. Langkah yang dilakukan, salah satunya adalah melakukan pemasangan listrik gratis. Selain itu pemkab setempat tengah mengkaji sumber listrik tenaga gelombang laut dan mikrohidro.

”Kami telah melakukan pemasangan listrik secara gratis di tiga lokasi di Kecamatan Purwantoro. Pemasangan dilakukan bagi yang telah ada jaringan listrik namun tidak mampu pasang baru,” ungkap Kabid Geologi Air, Tanah dan Energi, Dinas Pengairan Energi dan Sumber Daya Mineral (PESDM) Wonogiri, Patrem Joko Priono, Selasa (18/8).

Selain itu, juga melakukan pemasangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di dua lokasi di Kecamatan Karang Tengah. Yakni di Desa Purwoharjo, dengan penerima manfaat, 105 KK serta di Desa Jeblogan, Kecamatan Karang Tengah dengan penerima manfaat 32 KK.

Ditambahkan dia, Wonogiri sendiri sebenarnya menyimpan beberapa potensi sumber-sumber energi yang terbarukan. Seperti gelombang laut pantai selatan Wonogiri dan tenaga mikrohidro. Namun sejauh ini masih dalam tahap pengkajian.

Dia memaparkan, terkait jumlah kepala keluarga yang belum dapat menikmati aliran listrik berdasar jumlah rumah dengan model presentase.

“Metodenya, jumlah pelanggan listrik 237.796 dibagi jumlah rumah 271.393 kemudian dikalikan 100 persen hasilnya yakni 87,62 persen yang telah terlayani listrik. Sehingga yang belum terlayani listrik 12,39 persen, “paparnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge