0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Drama Kolosal Pangeran Mangkubumi Awali Upacara Kemerdekaan

timlo.net/agung widodo

Drama kolosal Pangeraan Mangkubuni di Stadion Taruna Sragen, Senin (17/8)

Sragen – Pemandangan lain terlihat di Stadion Taruna Sragen sebelum upacara Peringatan detik-detik Proklamasi 70 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia. Sebelum upacara dimulai ada pagelaran Drama Kolosal Pangeran Mangkubumi yang diperankan sekitar 150 orang.

“Drama kolosal ini memang untuk pertama kali diadakan. Ini untuk memeriahkan peringatan kemerdekaan Indonesia. Kami ikut berpartisipasi mempersembahkan ini untuk warga Sragen,” kata Ketua Asosiasi Seniman Tradisional Sukowati (Asitras) Sunarto, Senin (17/8).

Drama kolosal ini mengisahkan tentang perjuangan Pangeran Mangkubumi dalam mengusir penjajah dari Indonesia. Perjuangan Pangeran Mangkumi dipilih lantaran kisahnya tidak bisa dilepaskan dari berdirinya Kabupaten Sragen. Drama ini selain diperankan oleh seniman Asitras juga melibatkan ratusan pelajar dari pelajar SMA dan SMK di Kota Sragen.

Namun penyajian drama kolosal ini juga membuat para peserta kegerahan lantaran kepanasan dan lelah berdiri sejak pukul 08.00 WIB. Drama sendiri baru dimulai sekitar pukul 09.05 WIB dari yang direncanakan pukul 08.00 WIB. Keterlambatan ini karena menungggu kehadiran Bupati Sragen Agus Fatchur Rahman beserta rombongan. Drama kolosal sendiri berlangsung sekitar 35 menit dan langsung dilanjutkan dengan Upacara Bendera Peringatan Kemerdekaan RI.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge