0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ajakan Prananda Soekarno Membuat Liben Larut Dalam Sejarah

timlo.net/aditya wijaya

Temanku Lima Benua alias Liben

Klaten — Terdorong rasa mencintai sejarah perjuangan para pahlawan bangsa, puluhan foto reproduksi bertajuk ‘Temanku Viewed Proclamation Moments’ dipamerkan Temanku Lima Benua atau akrab disapa Liben (13). Pameran selama tiga hari, Sabtu – Senin, (15-17/8) itu berlokasi di areal taman makam pahlawan (TMP) Ratna Bantala dan Pendopo Kabupaten Klaten.

“Ada 70 foto yang melukiskan detik-detik menuju pembacaan proklamasi, pengibaran bendera, sampai paska proklamasi. Tujuannya, Jas Merah, Jangan sekali-kali melupakan sejarah, seperti bapak proklamator, pahlawan revolusi dan sebagainya,” ujar Liben saat ditemui di TMP Ratna Bantala, Senin (17/8).

Kumpulan foto yang menonjolkan sosok Proklamator Indonesia, Bung Karno, itu diperolehnya saat ikut menyeleksi pameran foto di Jakarta pada 2011 silam. Ketika itu, Liben diajak oleh Prananda Prabowo, cucu dari Bung Karno yang juga putra dari Megawati Soekarnoputri.

“Sewaktu kelas 4 SD saya terlibat menjadi kuratornya pak Prananda di Taman Ismail Marzuki. Banyak foto-foto dari Bung Karno yang dikumpulkan dan diseleksi lalu direplikasi lagi,” ujar bocah asal Dukuh Geritan, Desa Belangwetan, Kecamatan Klaten Utara ini mengisahkan awal ketertarikannya.

Saat ditanya foto yang menjadi favoritnya, putri dari pasangan Haryadi Purnama-Hidayati ini mengaku menyukai foto pengibaran bendera sang Merah Putih. Namun, ia sangat terkesan dengan peristiwa Rengasdengklok. Ia hafal satu per satu menyebutkan para pemuda-pemudi yang secara heroik menculik Soekarno agar Indonesia Merdeka.

“Tindakan penculikan oleh pemuda-pemudi untuk memproklamirkan kemerdekaan Indonesia tanpa menunggu pemberian dari Jepang patut menjadi contoh generasi sekarang, Sebabnya, mereka memperjuangkan apa yang diyakini. Hal itulah yang mendorong saya menggelar pameran foto ini. Dan saya juga berkeinginan untuk mengumpulkan foto-foto langka (Bung Karno) yang ada di internet agar bisa diketahui banyak masyarakat,” paparnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge