0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hormat Bendera Ala JK Seperti Bung Hatta

dok.merdeka.com

Presiden Jokowi dan Wapres JK saat mengikuti upacara HUT RI

Timlo.net – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) tidak melakukan sikap hormat saat Bendera Pusaka dikibarkan di Istana Merdeka, Jakarta. Sikap JK ini menuai sejumlah komentar miring.

Juru Bicara Wakil Presiden JK, Hussain Abdullah mengatakan sikap Jusuf Kalla tersebut juga sesuai dengan peraturan pemerintah (PP) 40/1958 tentang Bendera Kebangsaan RI.

Hussain menjelaskan, pada Pasal 20 disebutkan bahwa pada waktu upacara penaikan atau penurunan Bendera Kebangsaan, maka semua orang yang hadir memberi hormat dengan berdiri tegak, berdiam diri, sambil menghadapkan muka kepada bendera sampai upacara selesai.

Mereka yang berpakaian seragam dari sesuatu organisasi memberi hormat menurut cara yang telah ditentukan oleh organisasinya itu.

Mereka yang tidak berpakaian seragam, memberi hormat dengan meluruskan lengan ke bawah dan melekatkan tapak tangan dengan jari-jari rapat pada paha, sedang semua jenis penutup kepala harus dibuka, kecuali kopiah, ikat kepala, sorban dan kudung atau topi-wanita yang dipakai menurut agama atau adat-kebiasaan.

Hussain mengatakan, JK melakukan sikap hormat dengan sikap sempurnanya. Sikap ini juga pernah dilakukan oleh Wakil Presiden Pertama RI Mohammad Hatta atau Bung Hatta saat mendampingi Bung Karno.

“Jadi sikap sempurna yang dilakukan oleh Pak JK adalah sikap hormat. Persis dengan sikap hormat Bung Hatta saat mendampingi Bung Karno,” kata Hussain kepada wartawan, Senin (17/8).

Hussain pun meminta agar masyarakat tidak meragukan rasa nasionalisme JK. Sebab, kata dia, Wapres JK selama ini tidak hanya berbicara namun juga beraksi membangun bangsa.

Menurut Hussain, pada saat bertindak sebagai Instruktur Upacara pun, JK juga melakukan sikap hormat, seperti saat menjadi instruktur upacara Hari Pahlawan 10 Nopember 2014.

“Jangan pernah ragukan nasionalisme Pak JK. Pak JK tidak hanya bicara tapi berbuat bersama komponen bangsa lainnya mengawal NKRI,” tutupnya.

[war]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge