0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jalur Pendakian Merapi Dijaga Ketat

foto: Nanin

Jalur pendakian gunung Merapi

Boyolali – Petugas menjaga ketat jalur pendakian gunung Merapi. Pendaki Merapi hanya sampai Pasar Bubrah. Penjagaan kawasan Merapi melibatkan petugas BTN Merapi, SAR dan relawan.

“Tidak ada yang bisa ke Puncak Merapi, petugas menjaga ketat di Pasar Bubrah,” kata Koordinator Pengendalian Ekosistem Hutan Balai Taman Nasional Gunung Merapi (BTNGM) Resort Selo, Ruky Umaya, Senin (17/8).

Sementara untuk jumlah pendaki, tercatat ada 1.745 pendaki ke Gunung Merapi. Jumlah ini tidak melebihi kuota yang ditetapkan, yaitu 2.000 pendaki. Sedang pada pagi hari, tercatat ada satu rombongan pendaki beranggotakan sekitar 20 orang yang berangkat.

“Masih jauh dari kuota, mungkin karena sudah ada pemberitaan jadi banyak yang beralih ke Merbabu,” tambahnya.

Sementara Senin siang, pihaknya bersama relawan melakukan penyisiran di kawasan Pasar Bubrah, untuk memastikan lokasi sudah steril dari pendaki. Pasalnya, sesuai aturan Balai Taman Nasional Gunung Merapi, Yogyakarta, pendaki dilarang bermalam di Pasar Bubrah.

“Juga sudah ada kesepatakan untuk momentum kemerdekaan ini, pendaki sudah harus turun sebelum pukul 15.00 WIB,” tambahnya.

Dari penyisiran yang dilakukan, kawasan Merapi saat ini sudah steril dari pendaki. Pihaknya juga bersyukur tidak ada kejadian yang menimpa pendaki. Hal ini membuktikan, pendaki sudah mulai mematuhi peraturan yang ada.

“Ini wujud kerjasama yang baik dengan pendaki,” tandasnya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge