0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Waduk Bade Menyusut, Volume Air Kurang Dari Separuh

foto: Nanin

Waduk Bade

Boyolali – Volume air di Waduk Bade, Klego, Boyolali mengalami penyusutan. Saat ini, volume air tinggal 488.800 m3 dengan kedalaman sekitar 3,12 meter. Volume air saat kondisi normal mencapai 2.740.000 m3 dengan kedalaman air mencapai 8 m.

“Kondisi Waduk Bade sudah kritis, pemakaian air untuk irigasi mulai dilakukan penghematan,” kata petugas operasional Waduk Bade, Sutardi, Senin (17/8).

Penghematan terpaksa dilakukan untuk menjaga agar air Waduk Bade tidak kering dan sebagian air digunakan untuk pemeliharaan waduk. Salah satu langkah yang dilakukan, tidak setiap hari pintu air dibuka untuk irigasi.

Minimal, air harus disisakan sebanyak 80.000 m3. Hal ini dilakukan agar bendung tidak retak atau pecah. Pasalnya, jika bendung mengalami keretakan maka dikhawatirkan penampungan air saat musim penghujan tidak maksimal.

“Air bisa bocor lewat retakan, ini bisa membahayakan keberlangsungan waduk,” tambahnya.

Pihaknya juga melakukan koordinasi dengan petani yang menggunakan irigasi air Waduk Bade. Petani dihimbau untuk menanam palawija agar penggunaan air bisa lebih hemat.

Terpisah, sejumlah petani di sepanjang aliran Waduk Bade mengakui minimnya persediaan air di waduk. Seperti dikemukakan Walidi (57), dia dan petani lain harus menghemat pemakaian air. Caranya, sebagian lahan miliknya ditanami palawija.

“Airnya harus berhemat, saya sekarang beralih tanam palawija, biar tidak gagal panen,” tandasnya.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge