0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

HUT RI, 56 Napi Solo Bebas

foto: Khalik

Suasana upacara 17 Agustus di Rutan Kelas 1 Solo

Solo – Sebanyak 56 narapidana (napi) di Rutan Kelas 1 Solo langsung bebas setelah mendapatkan remisi umum dan dasawarsa di Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia, Senin (17/8).

“Ada sebanyak 56 narapidana yang dinyatakan langsung bebas setelah mendapat remisi umum dan dasawarsa. Jumlah keseluruhan napi sebelum dikurangi dengan tahanan bebas mencapai, 523 napi,” kata Kepala Rutan (Karutan), R Andika.

Dikatakan, ada keunikan khusus dalam perayaan kemerdekaan kali ini. Pasalnya, diperingatan HUT ke-70 pemerintah memberikan remisi dasawarsa selain remisi umum yang rutin diberikan tiap tahun.

Besarnya remisi dasawarsa yang diberikan kepada napi berbeda-beda tergantung dari vonis yang dijatuhkan. Tak hanya itu, pihaknya juga memberikan remisi berdasarkan perilaku para napi saat menjalani masa tahanan.

“Penerima remisi umum yang diberikan sebanyak 191 napi dengan jumlah langsung bebas mencapai 21 napi. Sedangkan, untuk dasawarsa mencapai 263 napi dengan jumlah langsung bebas 35 napi. Jadi totalnya mencapai 56 napi,” jelas Andika.

Dirinya berharap, dengan diberikannya remisi kepada tiap napi ini mereka dapat berubah serta memaknai kemerdekaan Bangsa Indonesia sebagai sebuah bangsa tanpa membeda-bedakan hak asasi tiap manusia.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge