0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mega Hadiri Upacara di Istana Negara, SBY Tidak

dok.merdeka.com

Megawati Soekarnoputri

Timlo.net – Sejumlah mantan Presiden dan Wakil Presiden menghadiri upacara HUT RI ke-70 di Istana Merdeka. Namun, tidak semua mantan Presiden dan Wakil Presiden turut menghadiri acara tersebut.

Menurut Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, tidak semua mantan Presiden dan Wakil Presiden dapat hadir dalam peringatan Kemerdekaan RI kali ini.

Hanya tampak mantan Presiden Megawati Soekarnoputri di jajaran mantan Presiden. Sedangkan mantan Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono tidak hadir dalam acara tersebut.

“Yang confirm hadir Ibu Mega, Ibu Shinta Nuriyah. Bapak Tri Sutrisno juga sudah hadir. Kemudian akan hadir Pak Hamzah Haz dan ibu, Pak Boediono dan Ibu serta Ibu Umar Wirahadikusumah,” ujar Pratikno, Senin (17/8).

Pratikno mengaku belum mendapat informasi mengenai alasan ketidakhadiran mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

“Kami belum mendapat konfirmasi mengenai hal itu,” imbuh Pratikno.

Hingga saat ini, Indonesia masih memiliki tiga mantan presiden yang masih hidup, yaitu BJ Habibie, Megawati Soekarnoputri dan Susilo Bambang Yudhoyono.

Terkait undangan kepada para pemimpin negara-negara sahabat, Pratikno mengaku pihaknya tidak menyiapkan undangan secara khusus bagi para pemimpin negara tetangga. Menurutnya, dari negara tetangga cukup diwakilkan oleh perwakilan negara melalui perwakilan duta besar yang ada di Indonesia.

“Kita tidak memberikan undangan secara khusus, tapi kebetulan ada beberapa perwakilan yang hadir, ada delegasi beberapa counselor Amerika Serikat yang kemarin di sini kebetulan hadir, kemudian anggota MK negara-negara Asean yang juga kebetulan ada acara dengan MK kami undang untuk hadir,” kata Pratikno.

Selama masa pemerintahan SBY, Megawati sama sekali tak pernah hadir dalam upacara detik-detik proklamasi di Istana Merdeka. Artinya selama sepuluh tahun Mega selalu absen. Nah kini saat Mega hadir di era Presiden Joko Widodo, SBY justru yang tidak hadir.

[war]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge