0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Berusia Hampir Seabad, Kakek Kasdi Masih Kuat Jadi Inspektur Upacara

foto: Tarmuji

Kasdi dan Nadiyem,peserta upacara HUT RI Ke-70

Wonogiri – Meski sudah terlihat uzur namun semangat kakek satu ini patut diacungi jempol. Betapa tidak, di usianya yang hampir memasuki seabad, namun indera pendengaran dan indera penglihatan serta kegagahannya masih bisa diandalkan.

Kakek empat anak ini masih bisa berdiri hampir satu jam menjadi inspektur upacara HUT RI Ke-70. Dia adalah Kasdi (91) warga Dusun Blarakan RT1/RW1 Desa Sukoharjo Kecamatan Tirtomoyo.

“Saya terharu dan bangga bisa menjadi irup HUT RI ke-70 ini,” ucapnya terbata-bata, Senin (17/8).

Kasdi menceritakan, saat masih muda, dirinya ikut serta berjuang di era kemerdekaan. Meski tidak ikut memanggul senjata, namun dirinya aktif dalam organisasi masyarakat.

“Tahun 1940-an saya sudah ikut berjuang, waktu itu saya masih menjabat sebagai PNS di Jumapolo, Karanganyar,” kenang mantan pegawai dinas pasar ini.

Di satu sisi, ia menyayangkan perhatian pemerintah yang masih minim terhadap para veteran.

Kasdi sendiri hidup bersama istrinya, Nadiyem (81) di sebuah rumah yang sederhaa. Kendati demikian dia mengaku tetap bersyukur, pasalnya masih bisa menghirup udara kemerdekaan.

Ia berpesan kepada generasi muda supaya bisa tanggap dan sigap untuk mengisi kemerdekaan sekaligus meneruskan perjuangan generasi terdahulu. Sedangkan untuk generasi pejuang sepertinya diharapkan untuk terus memberikan teladan yang baik bagi masyarakat.

“Semoga kami tetap sehat dan kuat. Sehingga tahun depan bisa memimpin upacara lagi,” tandasnya.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge