0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bendera Merah Putih Berkibar di Tengah Kali Anyar

foto: Daryono

Upacara HUT RI digelar di tengah Kali Anyar

Solo – Air berwarna kehitaman Kali Anyar tidak menyurutkan antusiasme warga Cinderejo Lor RT 01 RW 05, Kelurahan Gilingan, Banjarsari, menggelar upacara peringatan Kemerdekaan RI ke-70 di tengah Kali Anyar, Senin (17/8). Dengan mengenakan pakaian seadanya, puluhan warga baik dewasa maupun kecil bersemangat mengikuti upacara.

Upacara di dasar kali ini dimulai pukul 09.00 WIB. Seperti upacara pada umumnya, upacara dimulai dengan penghormatan kepada bendera merah putih, pembacaan UUD 1945, Pancasila, teks Proklamasi hingga mengheningkan cipta. Sebanyak 70 bendera merah putih ukuran besar kecil yang dipegang warga semakin menambah nuansa nasionalisme.

“Upacara ini spontanitas warga Cinderejo dalam memeriahkan HUT ke-70 Kemerdekaan RI. Ini baru pertama kali dan tidak ada persiapan apapun,” Sugiyanto, warga yang bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Adapun Ketua RT 01 RW 05, Daryanto mengungkapkan rencananya upacara itu akan dilakukan setiap tahun. Warga melakukan upacara di sungai lantaran tidak memiliki lahan.

“Upacara ini bentuk nasionalisme warga Cinderejo. Meskipun tidak ada lahan tetapi kami memanfaatkan sungai untuk melaksanakan upacara ini,” beber dia.

Sementara, Endang Wiji Prihatin (43 thn) menuturkan upacara diikuti warga dari unsur KK, PKK dan karang taruna. Dirinya bersama ibu-ibu PKK lainnya merasa senang dan bangga mengikuti upacara di sungai.

“Terakhir ini upacara saat SMP. Ya kami bangga Indonesia merdeka 70 tahun,” ungkap dia.

Di akhir upacara, warga mengibarkan bendera merah putih raksasa berukuran 6×9 meter di tengah sungai.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge