0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tumpeng Merdeka, Tradisi Unik Rayakan HUT RI

foto: Putra

Warga Dusun Mlangsen, Kalurahan Joho, Kecamatan Sukoharjo memiliki tradisi dalam memperingati HUT RI ke-70.

Sukoharjo – Warga Dusun Mlangsen, Kalurahan Joho, Kecamatan Sukoharjo memiliki tradisi dalam memperingati HUT RI ke-70. Warga ziarah ke makam pahlawan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) setempat dan membuat tumpeng merdeka.

“Sebagai wujud penghormatan kami kepada pahlawan dari kampung kami, setiap menjelang 17 Agustus selalu berziarah dan membuat tumpeng berjumlah 17, ayam ingkung 8 dan jajan pasar 45 melambangkan hari kemerdekaan,” kata Ketua RT 2/VI Mlangsen, Kelurahan Joho, Sarjito, Minggu (16/8).

Dengan membawa tumpeng dan perlengkapan lainnya, warga berziarah dan mendoakan dua pahlawan dari kampung setempat, Dadi Mulyo dan Priyo Suwarno. Keduanya adalah pejuang angkatan 45 yang menjadi saksi sejarah kemerdekaan dan meninggal pada akhir tahun 90-an.

Selain itu, warga juga menuliskan harapan masa depan bangsa di atas selembar kertas dan diterbangkan dengan balon gas. Melambangkan, semua haapan dari masyarakat untuk Indonesia bisa terbang tinggi hingga ke langit.

“Sebagai simbol kalau doa dan harapan kami bisa terbang ke langit dan sampai ke Sang Pencipta di atas langit,” tandasnya.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge