0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Daya Tampung Terbatas, Stok Darah PMI Sering Menipis

timlo.net/nanin

Stok darah menipis

Boyolali – Stok darah di Palang Merah Indonesia Cabang Boyolali, sejak beberapa pekan ini sering menipis. Kondisi ini disebabkan tingginya permintaan namun penyimpanan darah yang dimiliki PMI terbatas.

“Kita sering kewalahan, tapi kita berusaha stok darah selalu ada. Permintaan darah paling tinggi dari rumah sakit dan klinik,” ujar Ketua PMI Boyolali, Syamsudin ditemui di PMI, Minggu (16/8).

Untuk mengantisipasi agar stok darah tidak sampai kehabisan, petugas PMI  setiap hari menerima donor darah massal dari berbagai kelompok masyarakat dan pihak-pihak sekolah. Hanya saja, karena tempat penyimpanan terbatas, pihaknya tidak berani menyimpan stok darah melebihi quota. Kapasitas penyimpanan hanya untuk 700 kolf atau  kantong darah. Selain itu, darah yang disimpan tidak boleh lebih dari tiga hari, karena dikhawatirkan akan rusak.

Sementara stok darah yang ada di Unit Transfusi Darah PMI untuk hari ini tercatat, darah A sebanyak 9 kolf, darah B sebanyak 3 kolf, darah O sebanyak 18 kolf dan darah AB sebanyak 5 kolf.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge