0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Siane : Penangkapan yang Dilakukan Densus 88 Melanggar HAM

timlo.net/achmad khalik

Koordinator Sub Komisi Pemantauan dan Investigasi Komnas HAm, Siane Indriyani

Solo — Prosedur penangkapan yang dilakukan oleh Densus 88 Anti Teror Mabes Polri dinilai melanggar hak asasi manusia (HAM). Pasalnya, penangkapan dan penggeledahan yang dilakukan di rumah dan tempat kerja masing-masing tersangka teroris tidak menunjukkan prosedur secara hukum.

“Setelah kami melakukan pengecekan langsung di lapangan, kami menilai tindakan yang dilakukan aparat tidak sesuai prosedur hukum yang berlaku,” kata Koordinator Sub Komisi Pemantauan dan Investigasi Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Siane Indriyani, Minggu (16/8).

Untuk mengantisipasi kejadian yang berkelanjutan dikemudian hari, Siane akan membicarakan hal tersebut dengan pihak-pihak terkait. Baik dari aparat, perwakilan pemerintah maupun pihak lain yang menyoroti masalah hak asasi manusia.

“Dari hasil tersebut pastinya dapat digunakan sebagai masukan untuk pemerintahan Pak Jokowi (Presiden RI-red) saat menghadapi kasus-kasus terorisme,” jelas Sieane.

Disinggung langkah yang akan diambil nanti, pihaknya akan melakukan investigasi mendalam supaya penanganan terorisme di Indonesia tetap mengedepankan hal-hak asasi manusia. Mengingat, Indonesia sebagai salah satu negara yang menjunjung tinggi hak asasi dan hukum untuk warga negaranya.

“Kami akan membahasnya terlebih dahulu. Dan untuk kasus ini, kami akan lakukan investigasi mendalam,” jelasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge