0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Komisi VI DPR RI Dorong Pembangunan Infrastruktur Berbasis Desa

Sukoharjo –– Komisi VI DPR RI mendorong semua program pembangunan infrastruktur di daerah berbasis desa. Sehingga pemerataan pembangunan hingga ke tingkat desa bisa terealisasi.

“Dalam bidang pembangunan infrastruktur, kita berikan otonomi hingga ke tingkat desa, karena faktanya, dari sejumlah usulan di tingkat desa, hanya sedikit yang terkaver APBD daerah,” kata anggota Komisi VI DPR RI, Muhammad Toha, Sabtu (15/8).

Sehingga, pelaksanaan pembangunan infrastruktur desa, seperti jalan dan saluran irigasi sepenuhnya dikerjakan desa. Dan untuk saat ini, melalui Alokasi Dana Desa, program sudah bisa dijalankan dengan adanya rekomendasi 70 persen untuk pembangunan infrastruktur desa.

Dan untuk APBN 2016 dialokasikan Rp 46 Triliun untuk dana desa, sehingga desa bisa membangun infrastrukturnya sendiri. Pasalnya, selama ini sudah terdeteksi, yang paling membutuhkan infratruktur adalah desa, agar anggaran tidak terbang kemana-mana dari Kementrian Keuangan menggelontorkan anggaran ke masing-masing desa.

“Selama ini dari pemkab, maupun pemprov yang diajukan infrastruktur desa, mekanismenya, setelah direkap masing-masing kementerian, disetorkan datanya ke BAPPENAS dan ke Kementerian Keuangan dan dana langsung ditransfer ke desa,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge