0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kampanye Relawan dan Perorangan Harus Didaftarkan

Komisioner Divisi Hukum, Pengawasan, Pencalonan dan Kampanye KPU Solo, Nurul Sutarti (dok.timlo.net/daryono)

Solo – Selain Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan tim pemenangan calon, kampanye bisa juga digelar oleh relawan dan perseorangan. Namun, satu hari sebelum pelaksanaan, kampanye oleh relawan dan perseorangan harus sudah dilaporkan ke KPU.

“Kampanye bisa dilakukan perseorangan dan relawan. Tetapi harus didaftarkan ke KPU. Kalau tidak didaftarkan, kampanye bisa dibubarkan,” kata Komisioner Divisi Hukum, Pencalonan dan Kampanye KPU Solo, Nurul Sutarti kepada wartawan, Jumat (14/8) di sela rapat koordinasi pelaksanaan kampanye Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota di KPU Solo.

Menurut Nurul, dalam masa kampanye nanti, KPU akan mengeluarkan Surat Keputusan (SK) terkait lokasi dan tempat-tempat yang bisa digunakan untuk menggelar kampanye.

Kampanye dalam bentuk pemasangan alat peraga kampanye (APK), penyebaran bahan kampanye dan iklan media massa difasilitasi oleh KPU. Ada pembatasan terkait titik dan jumlahnya sesuai yang diatur dalam Peraturan KPU (PKPU) No 7 Tahun 2015. Di luar itu, calon bisa menggunakan media sosial sebagai media kampanye.

“Pendaftaran media sosial pada H-1 sebelum kampanye dan ditutup H+1 setelah kampanye,” imbuhnya.

Namun demikian, akun media sosial yang dipakai untuk media kampanye harus sudah ditutup paling lambat satu hari sebelum masa kampanye berakhir atau pada 6 Desember 2015.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge