0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Penutupan Dam Colo, Ratusan Hektar Sawah Terancam Kekeringan

timlo.net/tarmuji

Dam Colo, Nguter, Sukoharjo

Wonogiri — Ratusan hektar lahan tanaman padi di wilayah Kecamatan Selogiri, Wonogiri terancam mengering jika Dam Colo yang terletak di Kecamatan Nguter, Sukoharjo ditutup pada Oktober mendatang.

“Kami sudah dapat surat pemberitahuan dari Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS) Rabu (12/8) kemarin. Dam Colo akan ditutup sekitar satu bulan penuh, ” ungkap Camat Selogiri, Heru Istianto, Jumat (14/8).

Menurutnya, hal itu akan membawa dampak besar bagi kalangan petani di wilayah Selogiri. Jika ditutup, ratusan hektar lahan tanaman padi yang bergantung pada Dam Colo terancam kering. Seperti tahun-tahun sebelumnya, penutupan Dam Colo selalu memicu adanya gejolak di masyarakat.

“Luasan lahan tanaman padi di Selogiri yang tergantung pada pasokan air dari Dam Colo mencapai 479 hektar. Tersebar di sejumlah desa, seperti Sendangijo, Nambangan, Jaten, Pule, dan Kaliancar. Jika Dam Colo ditutup, maka sebagian besar dari luas lahan itu, mengering,” jelasnya.

Ditambahkan, antisipasi selanjutnya, petani diharap menyegerakan penanaman padi untuk mengejar ketersediaan air. Serta membuat embung atau penampungan air di sepanjang saluran irigasi.

“Bisa pula dengan meyedot air di sungai atau penerapan teknologi sumur pantek,” tegasnya.

Terpisah, sejumlah petani Selogiri, menganggap rencana penutupan Dam Colo pada awal bulan Oktober mendatang sebagai kebijakan yang sangat tidak strategis. Sebab, sangat jelas membawa dampak buruk bagi kalangan petani.

“Dari dulu, kebijakan yang diambil hanya menutup dan menutup. Apa tidak ada kebijakan lainnya?” ungkap salah satu warga yang enggan disebutkan namanya.

Koordinator Wilayah Bengawan Solo merangkap Kepala Divisi Jasa Air dan Sumber Air (ASA) IV Perum Jasa Tirta (PJT) I Wilayah Sungai Bengawan Solo, Winarno Susiladi, mengatakan, alasan penutupan ini untuk memperbaiki dan merawat dam serta salurannya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge