0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Cek Email Di Luar Jam Kerja Buruk Bagi Kesehatan

Cek email

Dok: Timlo.net/Daily Mail.

Cek email

Timlo.net—Apakah Anda termasuk di antara jutaan pekerja di seluruh dunia yang bersalah karena mengecek email segera setelah bangun dan sebelum tidur di malam hari?

Jika ya, para ahli memperingatkan bahwa Anda bisa meningkatkan level kegelisahan Anda. Sebuah penelitian baru menyimpulkan jika menjawab email-email di luar jam kerja, meningkatkan tingkat stres seseorang.

Para peneliti menemukan jika mereka yang mudah dikontak untuk urusan pekerjaan lewat ponsel, memiliki hormon stres kortisol yang lebih tinggi. Untuk sampai pada kesimpulan ini, para psikolog dari University of Hamburg meminta 132 orang menjawab serangkaian pertanyaan selama periode delapan hari, tulis Time.

Para pegawai dari 13 tempat kerja berbeda juga diminta untuk menjawab rangkaian pertanyaan yang sama selama empat hari saat mereka diminta untuk siap dihubungi di luar jam kerja. Setengah dari kelompok ini lantas diminta memberikan contoh air ludah, untuk diukur tingkat hormon stres, kortisol.

Para peneliti mengamati jika selama waktu di mana seorang pegawai diharapkan untuk bisa dikontak, mereka memiliki tingkat hormon stres yang lebih tinggi. Bahkan bagi mereka yang tidak diharapkan tersedia secara fisik di kantor, mereka tetap merasa stres.

Hal ini karena dengan semakin pesatnya teknologi berarti orang bisa mengecek laptop, tablet dan smartphone mereka untuk email yang masuk. Hal ini menciptakan budaya di mana orang harus tersedia untuk kerja secara konstan, kata para peneliti.

Dalam dunia kerja saat ini, ketersediaan para pegawai untuk bekerja atau bisa dikontak di luar jam kerja untuk urusan bisnis dihubungkan dengan kesejahteraan yang berkurang, tulis para peneliti. Penelitian ini diterbitkan di the Journal of Occupational Health Psychology.

Penelitian ini dilakukan setelah studi lain yang dilakukan tahun lalu, yang menyatakan jika mengecek email-email dari kantor di rumah atau menjawab panggilan telepon dari atasan saat akhir minggu bisa merusak kesehatan.

Sebuah penelitian terhadap 57 ribu orang, menyatakan jika lebih dari 50 persen orang bekerja di luar jam kerja normal mereka. Para peneliti itu menyatakan jika mereka yang bekerja pada malam hari dan akhir minggu, lebih sering mengeluh soal insomnia, sakit kepala, kelelahan, kegelisahan dan masalah perut.

Masalah otot dan kardivaskular juga dihubungkan dengan kondisi di mana orang bekerja di luar jam kerja normal, tulis para peneliti asal Jerman itu. Para peneliti, yang hasil studi mereka diterbitkan di jurnal Chronobiology International, meminta adanya peraturan yang lebih ketat untuk mencegah pekerjaan memasuki kehidupan pribadi masyarakat.

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge