0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Serapan APBN Masih Rendah

dok.merdeka.com

Setya Novanto

Timlo.net – Ketua DPR Setya Novanto menyoroti penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) pada Semester I. Serapan APBN periode ini lebih rendah daripada tahun sebelumnya, yaitu baru sebesar Rp 208,5 Triliun atau 26,2 persen.

“DPR mendorong agar Kementerian/Lembaga segera menyelesaikan dokumen anggaran Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) termasuk perubahan nomenklatur Kementerian/Lembaga serta segera merealisasikan proyek-proyek infrastruktur sehingga penyerapan di Semester II Tahun 2015 akan semakin meningkat dan berdampak pada pertumbuhan ekonomi,” kata Novanto, Jumat (14/8).

Dalam situasi krisis ekonomi global yang terus bergolak, lanjut Novanto, kebijakan ekonomi ke depan diharapkan lebih berhati-hati. Pasalnya, APBN Tahun Anggaran 2016 sebagai instrumen ekonomi nasional diharapkan dapat berperan sebagai stabilisator untuk pembangunan.

“Dengan demikian pemerintah diharapkan dapat menjaga pasokan dan kestabilan harga kebutuhan pokok serta mendorong Usaha Mikro Kecil Menengah dengan berbagai kebijakan baru agar mampu berperan dalam perekonomian nasional. Bukan saja sebagai mesin pertumbuhan ekonomi. Tetapi juga dalam penyerapan tenaga kerja,” tukasnya.

[ren]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge