0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Densus: 17 Agustus, Teroris akan Ledakkan Solo

dok.timlo.net/achmad khalik
Pejabat Polda Jateng beserta Tim Densus menggelar Jumpa Pers terkait penangkapan anggota teroris di Aula Mapolresta Solo (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Tim Densus 88 Anti Teror Mabes Polri menemukan peledak jenis baru setelah berhasil menangkap tiga anggota teroris di Kawasan Pasar Kliwon, Rabu (12/8) lalu. Dalam pengembangan yang dilakukan, Tim Densus berhasil menyita sejumlah bahan peledak serta rangkaian elektronik yang rencananya digunakan untuk merakit bom.

“Dalam penangkapan kali ini, ternyata kelompok ini telah berhasil mengembangkan peledak jenis baru yang sebelumnya belum pernah digunakan oleh kelompok teroris lain,” kata Direktur Intelejen (Dir Intel) Densus 88 Anti Teror Mabes Polri, Kombes Pol Ibnu Suhendra dalam jumpa pers, di Aula Polresta Solo, Jumat (14/8) siang.

Dari hasil penggeledahan dan penyitaan yang dilakukan, kata Dir Intel, pihaknya berhasil mengamankan sejumlah bahan-bahan kimia yang akan digunakan untuk merakit bom, seperti urea, asam nitral, serbuk alumunium, tanda suar, lampu hias, korek api yang sudah diambil fokher (ujung)-nya, saklar, ptasium nitrat, serbuk arang, bendera, tutorial perakitan bom dan masih banyak yang lain.

“Bahan-bahan ini menguatkan bahwa mereka benar-benar merakit bom,” kata Dir Intel.

Disinggung pembuatan bom jenis baru tersebut, Dir Intel mengaku, sebelumnya kelompok teroris kebanyakan menggunakan campuran potasium nitrat, belerang dan arang. Sementara, untuk kelompok ini menggunakan campuran kalsium karbonat untuk menggantikan bahan arang yang biasa digunakan. Hasilnya, lanjut Dir Intel, ledakan yang dihasilkan sangat dahsyat.

“Kelompok ini tergolong sangat berbahaya, karena mereka telah mengembangkan peledak jenis baru untuk meledakkan sejumlah kawasan di Solo saat tanggal 17 Agustus mendatang bertepatan dengan HUT Republik Indonesia,” tandas Dir Intel.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge