0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

HUT RI, Anak-Anak SLBD Solo Lomba Pecah Air

dok.timlo.net/heru murdhani
Sisa SDLB ikut lomba pecah air (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo – Santi Rahayu Kusumajati mengayuh kursi roda yang menopang tubuhnya. Sambil membawa pelepah pisang di pangkuan tangannya, siswi kelas 2 Sekolah Luar Biasa Tuna Daksa (SLBD1) ini begitu bersemangat mengikuti lomba memecah air. Dia adu cepat dengan dua teman sekelasnya untuk sampai ke garis tempat plastik berisi air itu digantung. Kemudian dia ayunkan pelepah pisang itu sekuat tenaga. Pyaarr, plastik itu pecah, air tumpah kemana-mana.

“Aku seneng bisa ikut lomba ini, tapi jadi basah semua badannya,” katanya.

Dalam kondisi terbatas, Santi bersama dan sejumlah siswa-siswi SLBD1 Yayasan Pemeliharaan Anak Cacat (YPAC) Solo mengikuti lomba dalam peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-70. Berbagai macam lomba yang telah dimodifikasi sedemikian rupa digelar pihak yayasan untuk memacu anak didik mereka menjadi lebih percaya diri. Perlombaan dilaksanakan selama dua hari dengan jenis lomba antara lain balap kursi roda, makan kerupuk, pecah air serta baca puisi.

Kepala SLBD, Endang Murtiningsih, saat ditemui mengatakan, keparcayaan diri mereka adalah kunci bagi keberhasilan anak-anaknya tersebut. Selain itu semangat pantang menyerah dalam mengikuti sebuah kompetisi, akan meningkatkan daya juang mereka.

“Rasa percaya diri ini sangat penting bagi mereka. Bagaimana mereka merasakan sebuah prestasi dalam sebuah kompetisi juga penting, sehingga anak tidak gampang menyerah dan menerima keadaan, tetapi harus berjuang untuk mendapatkan prestasi itu,” kata Endang, Jumat (14/8).

Endang menambahkan, lomba ini digelar setiap tahun sebagai peringatan kemerdekaan. Dalam perlombaan ini pemenang akan mendapatkan sejumlah hadiah yang telah disiapkan panitia.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge