0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jokowi Singgung Lagi Soal BBM

dok.merdeka.com

Presiden Jokowi

Timlo.net – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menyinggung masalah pengalihan subsidi bahan bakar minyak (BBM) sebesar Rp 240 Triliun ke sektor lebih produktif. Jokowi mencabut subsidi Premium dan memberi subsidi tetap untuk Solar.

Menurutnya, uang ratusan triliun rupiah untuk subsidi hanya menjadi asap dan dinikmati mobil pribadi.

“Besarnya subsidi hanya dibakar bakar dinikmati mobil pribadi, bukan masyarakat gunung, pesisir dan pulau terpencil,” kata Jokowi saat berpidato menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-70 di gedung MPR.

Jokowi menyebut, praktik seperti ini tidak benar karena uang sebesar itu bisa digunakan untuk membangun sekolah, rumah sakit dan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Selain itu, dana subsidi BBM yang dicabut juga digunakan untuk membangun infrastruktur.

Namun demikian, Jokowi menyadari pencabutan subsidi BBM mengganggu kehidupan masyarakat. Apalagi, masyarakat yang sangat rentan terhadap gejolak ekonomi.

“Pemerintah menyadari pengalihan subsidi BBM mengurangi kenyamanan hidup kita. Untuk jangka panjang, kebijakan ini akan berbuah manis. Banyak infrastruktur bisa dibangun pemerintah, program sosial untuk masyarakat miskin dan membantu mereka keluar dari belenggu kemiskinan,” tegas Jokowi.

Dengan dana subsidi BBM, pemerintah saat ini menurun Jokowi mempunyai banyak program sosial berkelanjutan. Banyak usaha mikro dan menengah digerakkan.

“Ini dari dana pengalihan subsidi BBM dan subsidi lainnya yang saat ini tidak tepat sasaran.”

Untuk masyarakat yang terkena dampak pencabutan subsidi BBM, Jokowi menyebut pemerintah telah menyiapkan program sistem jaminan sosial nasional. Selain itu, pemerintah juga telah meluncurkan Kartu Indonesia Sehat, Kartu Indonesia Pintar dan lain sebagainya.

[idr]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge