0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

AIPKI Dorong Distribusi Dokter Merata

Ilustrasi Dokter (dok.merdeka.com)

Solo – Pengurus Asosiasi Institusi Pendidikan Kedokteran Indonesia (AIPKI), Prof Dr dr Hartono menyatakan AIPKI akan mendorong pendistribusian Dokter secara merata ke seluruh Indonesia.

“Agar distribusi dokter bisa tersebar secara maksimal, sehingga mendukung program pemerintah,” jelas Hartono yang juga Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, di Kampus Fakultas Kedokteran UNS, Solo, Kamis (13/8).

Sejauh ini, kata Hartono, penyebaran dokter di Indonesia belum merata. Sekitar 97 ribu dokter yang ada di Indonesia, sebagian besar masih terdistribusi di Pulau Jawa, terutama di Jakarta. Sehingga daerah-daerah di luar Pulau Jawa, masih kekurangan, bahkan kosong.

Terkait dengan akan dilaksanakannya Muktamar VIII AIPKI di Solo tanggal 14 – 15 Agustus 2015 mendatang, kata Hartono, AIPKI yang merupakan forum komunikasi institusi penyelenggara pendidikan kedokteran di Indonesia, salah satu pembahasannya adalah mendukung pendistrinusian dokter dari sisi regulasinya.

Selain itu, Muktamar VIII AIPKI akan menetapkan regulasi mengenai topik-topik terkini tentang pendidikan kedokteran, kebijakan di bidang kesehatan, serta rencana pengembangan strategis bersama dengan pihak terkait.

“Termasuk menetapkan pengurus pusat,” ujarnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge