0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Stok Daging Sapi Stabil, Tapi Harga Tetap Tinggi

timlo.net/agung widodo

Penjual daging di Pasar Bunder Sragen

Sragen – Kelangkaan daging sapi yang terjadi di Jakarta dan Jawa Barat ternyata tidak berpengaruh terhadap stok daging sapi di Kabupaten Sragen. Di beberapa pasar tradisional di Bumi Sukowati persediaan daging sapi masih dinilai stabil, kendati harganya tetap tinggi.

“Permintaan daging sapi di Kabupaten Sragen cenderung stabil dan belum terjadi kelangkaan,” kata staf UPTD Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Sragen, Prabowo, Kamis (13/8).

Dia menjelaskan, dalam sehari mampu menyembelih sekitar 8 hingga 9 ekor sapi dan mampu memasok kebutuhan pasokan daging sapi sekitar 1 ton per hari. Sedangkan pendistribusian daging sapi tersebut hanya di Kabupaten Sragen. Sehingga para konsumen dan pedagang daging tidak mengalami  kekurangan stok.

“Lonjakan permintaan biasanya terjadi pada saat-saat tertentu seperti lebaran, tahun baru dan hari besar keagamaan. Kalau lebaran bisa permintaannya bisa sampai 20 ekor sapi,” jelasnya.

Kendati tidak mengalami kelangkan, namun harga daging sapi di pasaran tetap terbilang tinggi. Dari pantauan di lapangan, harga daging sapi di sejumlah pasar di Sragen sejak bulan puasa lalu masih stabil, yaitu berkisar antara Rp 85 ribu hingga Rp 95 ribu per kilogram.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge