0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Guru PAUD Solo Ikuti Lomba Dongeng Bahasa Jawa

(dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Sebanyak 10 peserta mengikuti Lomba Dongeng yang digelar Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Solo, dalam rangka pemberdayaan tenaga pendidik nonformal di Kantor Dinas Dikpora Solo, Kamis (13/8).

“Pesertanya adalah guru pendidikan anak usia dini (PAUD),” jelas Kasi Pendidikan Kesetaraan dan Keaksaraan Dinas Dikpora Solo, Hasto Daryanto kepada wartawan.

Hasto mengatakan, lomba dongeng menggunakan Bahasa Jawa diikuti para guru PAUD Kota Solo yang dimulai dari tahap seleksi naskah cerita. Dari 30 peserta yang terdaftaf ikut lomba mendongeng, terpilih 10 peserta yang dinyatakan lolos untuk mengikuti tahap berikutnya.

Tujuan utama diadakannya lomba, menurut Hasto, untuk melestarikan Bahasa Jawa yang diharapkan dapat diterapkan sebagai salah satu bahasa pengantar di sekolah-sekolah PAUD, di samping Bahasa Indonesia. “Upaya itu sebagai salah satu strategi mendekatkan pola asuh guru kepada anak,” ungkapnya.

Hasto mengatakan bahwa bahasa Jawa yang diajarkan kepada anak-anak oleh guru-guru di sekolah, dinilai mampu membentuk karakter dan kepribadian yang baik dalam diri anak-anak, mengingat tingginya muatan budi pekerti yang terkandung dalam Bahasa Jawa.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge