0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

10 Sanggar Ikuti Festival Wayang Bocah 2015

wayang bocah
Festival Wayang Bocah di Gedung Wayang Orang Sriwedari, Solo ()

Solo —  Penyelenggaraan Festival Wayang Bocah 2015 di Gedung Wayang Orang Sriwedari, berlangsung meriah. Berbeda dengan tahun sebelumnya, festival kali ini diubah menjadi ajang perlombaan bergengsi antar sanggar tari di eks Karesidenan Surakarta atau Soloraya.

“Beda dengan tahun sebelumnya, yang hanya pentas saja, tahun ini kami sediakan hadiah berupa uang pembinaan dan tropi untuk penyaji terbaik,” ungkap Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Solo, Eni Tyasni Susana, Kamis (13/8).

Dalam even ini ratusan anak didik sanggar unjuk kebolehan dalam olah gerak dan olah rasa. Selain itu juga melibatkan ratusan penata busana dan rias, penata musik, dan penata tari. Festival Wayang Bocah ini diikuti 10 sanggar tari, yakni Sanggar Metta Budaya, Sanggar Soerya Soemirat, Sanggar Sono Puspa Budaya, Sanggar Sarwi Retno Budaya, Sanggar Eka Santi Budaya, Sanggar Kridha Budaya, Sanggar Galuh Art, Sanggar Senjasri (eksebisi), Sanggar Kusuma Aji (Klaten), dan Sanggar Sarotama (Karanganyar). Hal ini membuktikan bahwa sanggar-sanggar juga tumbuh dan berkembang.

Eni mengatakan bahwa kompetisi antar sanggar tari ini diadakan untuk memunculkan potensi-potensi terbaik dari tiap sanggar. Selain itu festival diadakan untuk melihat sejauh mana perkembangan peminat wayang orang, baik dari segi pelaku wayang maupun penonton wayang. Diharapkan dengan even ini akan tumbuh pelaku wayang orang muda, dengan daya kreatifitas yang tinggi, serta memiliki daya saing.

“Selain pelakunya, juga minat penonton yang menyaksikan pertunjukan bisa kita ukur,” kata Eni.

Eni mengaku selama ini penikmat pertunjukan wayang orang memang masih di dominasi orang tua. Namun dengan acara ini, dia berharap bisa mendatangkan lebih banyak anak-anak dan pemuda untuk turut mencintai wayang orang.

“Kita juga bekerjasama dengan guru-guru kesenian daerah yang ada di sekolah-sekolah untuk ikut mengajak murid-murid mereka nonton, dan buktinya memang banyak yang hadir,” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge