0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

HUT Kemerdekaan RI

Korem Warastrama Bersihkan Enceng Gondok Waduk Cengklik

Korem 074 Warastratama Surakarta bersihkan enceng gondok di Waduk Cengklik, Boyolali (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Jajaran Korem 074/ Warastratama Surakarta menggelar karya bakti dalam rangka menyambut HUT RI ke-70 dengan membersihkan enceng gondok di Waduk Cengklik, Ngemplak, Boyolali, Kamis (13/8). Selain anggota TNI, tampak juga personil polisi,ormas dan masyarakat.

“Kegiatan ini sebagai upaya untuk menjaga kelestarian air Waduk Cengklik,tanaman enceng gondok ini dinilai sudah sangat menganggu,” ujar Komandan Korem/ 074 Warastrama Surakarta, Kolonel Inf Bakti Agus Fajri.

Dijelaskan, pembersihkan enceng gondok ini akan dilakukan dalam sehari dan dimaksimalkan kawasan Cengklik bisa bebas dari enceng gondok. Selama ini, menurut Danrem, enceng gondok di Cengklik belum dimanfaatkan. Padahal, enceng gondok ini bisa digunakan untuk kompos.

“Kalau ada yang memanfaatkan silahkan diambil,” tambahnya.

Di sisi lain, Kepala Bidang (Kabid) Teknis Dinas PSDA Wilayah Gandul, Sugeng Mulyono, mengungkapkan keberadaan enceng gondok selama ini menganggu saluran air Waduk yang menuju ke saluran irigasi. Selain itu, juga sangat menganggu keindahan waduk, dimana memberi kesan kumuh. Tanaman enceng gondok hampir setiap tahun tumbuh di waduk. Upaya pembersihkan sudah dilakukan, namun tidak bisa tuntas.

“Ada pihak yang sengaja menanamnya, keberadaanya terus menjamur, bahkan hampir menutupi bagian pinggir waduk,” tambahnya.

Pembersihan enceng gondok sendiri dilakukan dengan cara manual. Sejumlah nelayan dengan menggunakan getek bambu dan perahu mengiring enceng gondok yang berada ditengah untuk dibawa ke pinggir.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge