0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

3.526 Orang Meninggal Masih Terdaftar Sebagai Pemilih

timlo.net/agung widodo

Ketua Panwaslu Sragen, Slamet Basuki.

Sragen – Sebanyak 3.526 warga yang telah meninggal dunia diketahui masih tercantum dalam daftar pemilih Pilbup Sragen. Selain itu, sebanyak 2.027 warga terindikasi masuk dalam daftar pemilih fiktif karena tidak memiliki alamat pasti di Sragen. Hal ini diketahui dari hasil penelitian dan rekapitulasi yang dilakukan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Sragen terhadap hasil pemutakhiran data pemilih.

“Kami melakukan pencocokan daftar pemilih ini untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya kecurangan,” kata Ketua Panwaslu Sragen, Slamet Basuki, Rabu (12/8).

Slamet mengatakan, setelah dilakukan coklit memang masih banyak ditemui nama pemilih yang tidak memiliki alamat pasti di Sragen, dan orang telah meninggal dunia masih tercantum. Terhadap temuan ini pihaknya akan segera memberitahukan ke KPU untuk ditindaklanjuti.

Panwaslu meminta agar KPU mencoret daftar nama orang yang telah meninggal dunia dan tidak memiliki alamat tersebut. Selama proses coklit, pihaknya meminta masyarakat juga aktif melakukan pengawasan partisipatif dengan cara melapor ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) ditingkat desa, kalau ada warga yang belum terdaftar sebagai pemilih.

Sementara Ketua KPU Sragen, Ngatmin Abbas mengatakan, proses pemutakhiran data masih berlangsung. Di sisi lain pihaknya juga mengaku belum mendapat hasil laporan dari proses pemutakhiran data yang dilakukan di tingkat kecamatan. Terkait keberadaan data pemilih yang telah meninggal ataupun pemilih fiktif pihaknya bakal menindaklanjuti temuan tersebut.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge