0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Harga Daging Sapi di Boyolali Turun

dok.timlo.net/nanin
Pedagang daging sapi di Pasar Boyolali (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Harga daging sapi di Boyolali mengalami penurunan. Saat ini harga daging sapi mencapai Rp 100.000 hingga Rp 110.000, sebelumnya mencapai Rp 130.000 perkilogramnya.

“Harganya sudah turun, sehari paling hanya laku 10 kilo,” ujar Wiji, salah satu pedagang daging di Pasar Boyolali Kota, Rabu (12/8).

Meski harga daging sapi turun, tingkat pembelian daging mengalami penurunan tajam. Para pedagang mengaku saat ini mengandalkan pelanggan untuk membeli daging sapi mereka. Untuk mengurangi kerugian, Wiji mengaku hanya kulakan 25 kg perharinya.

“Sudah balik modal, sudah bersyukur,” tambahnya.

Hal senada diungkapkan pedagang lain, Restanti (53). Sepinya penjualan diperkirakan bakal berlangsung lama. Kondisi ini biasa berlangsung usai lebaran, masyarakat diduga bosan dengan masakan daging. Mengingat selama Puasa dan Lebaran sering mengonsumsi daging.

“Sebentar lagi juga sudah Hari Raya Qurban pasti semakin sepi pembeli,” ujar Restanti.

Selama penjualan sepi, ia hanya mengandalkan pembelian dari langgananya, seperti pemilik warung makan dan penjual bakso. Sedangkan maraknya musim hajatan bulan ini, juga tidak bisa mendongkrak penjualan. Hal ini disebabkan harga daging sapi masih tinggi, sehingga masyarakat memilih membeli daging ayam.

“Larinya ke daging ayam, lebih murah dan bisa dimasak seperti daging sapi,” tambahnya.

Terpisah, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Boyolali, Bambang Jiyanto menjelaskan, pihaknya terus melakukan pemantauan penjualan daging sapi di pasar tradisional dan rumah pemotongan (RPH) Ampel.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge