0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kecelakaan Karambol, Sopir Trailer Bantah Remnya Blong

Sopir trailer, M Ramadhan, dimintai keterangan petugas saat masih dirawat di RSU Aisiyah Singkil pasca kecelakaan karambol kemarin (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali —  Kondisi sopir trailer BA 9935 FU, M Ramadhan (22), warga Banjardowo, Kecamatan Genuk, Kota Semarang, mulai membaik dan bisa diminta keterangan. Sementara korban Widodo, penumpang Colt Pick Up hingga kini masih kritis dan belum sadarkan diri. Sementara korban laka karambol lainnya, sudah diperbolehkan pulang.

Ditemui di ruang perawatan, M Ramadhan, membantah bila rem trailer bermuatan 29 ton kapas dari Semarang menuju ke Solo mengalami blong. Menurut Ramadhan, kecelakaan tersebut lantaran kendaraan-kendaraan yang ada di depannya mengerem mendadak. Karena jarak sudah dekat, trailer yang dikendarainya sudah tidak direm, akhirnya terjadilah kecelakaan tersebut.

“Yang di depan mengerem mendadak, truk saya tidak nyandak karena muatan berat,” tutur Ramadhon, yang sempat terjepit selama satu jam lebih di kabin truknya yang ringsek berat.

Hal senada juga diungkapkan sang kenek, Lukman (22) yang sempat tertidur sebelum kejadian. Lukman sendiri berhasil menyelamatkan diri dengan meloncat dari trailer.

“Saya dibangunkan, kondisi rem sudah tidak nyandak, langsung saya lompat turun,” cerita Lukman yang hanya menderita luka ringan di kaki.

Kapolres Boyolali AKBP Budi Sartono melalui Kasatlantas AKP Demianus Palulungan, mengungkapkan pihaknya masih mengusut kasus kecelakaan tersebut. Untuk saat ini, belum menetapkan tersangka. Pasalnya, pihaknya belum melakukan pemeriksaan terhadap sopir trailer yang masih dirawat di rumah sakit.

“Kesimpulan awal, kecelakaan disebabkan pengemudi trailer biru tidak antisipasi atau menjaga jarak,” ujar Kasat Lantas.

Dijelaskan juga, proses evakuasi dua trailer, bangkai L 300 dan sedan Timor dari badan jalan membutuhkan waktu cukup lama. Pasalnya, evakuasi batal menggunakan crane, melainkan dengan alat berat dozer. Evakuasi baru bisa dirampungkan sekitar pukul 01.00 WIB.

Kecelakaan karambol terjadi di Jalur Lingkar Utara atau Dusun Tegaljeruk, Desa Kragilan, Mojosongo, Selasa sore (11/8). Kecelakaan ini melibatkan dua trailer, pick up dan mobil sedan, mengakibatkan sopir pick up, Edi Nur Salim tewas seketika dan empat korban lain luka berat.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge