0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

IAIN Surakarta Gelar Lokakarya Prosedur Mutu

Lokakarya di IAIN Surakarta (dok.timlo.net/tyo eka)

Sukoharjo — Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta menggelar lokakarya “Prosedur Manual Mutu” di Kampus IAIN Surakarta, Kartasura, Sukoharjo. Acara ini dihadiri seluruh dosen dari semua jurusan di FITK.

“Lokakarya sebagai wadah pertemuan antara unit-unit praktikum, ketua jurusan, sekertaris jurusan dan juga dosen-dosen sebagai pelaksana dari program praktikum,” jelas Dekan FITK IAIN Surakarta, Dr Giyoto MHum kepada wartawan, di sela-sela acara, Rabu (12/8)

Giyoto berharap adanya lokakarya ini dapat menghasilkan rumusan standar mutu praktikum dan juga adanya pedoman yang terstandar mengingat ada banyak program praktikum di fakultas, yaitu sebanyak 31 jenis praktikum.

Sementara itu, Prof Dr Harun Joko Prayitno MHum, Guru Besar Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) sebagai narasumber menyatakan, mengacu pada kebijakan baru mengenai profesi pendidik (guru) yang harus melalui proses Program Profesi Guru (PPG). Hal ini jelas berbeda dengan kebijakan sebelumnya dimana setiap lulusan LPTK sudah secara otomatis memiliki kualifikasi guru tanpa melalui PPG. Mengingat adanya perubahan tersebut maka jelas harus ada perubahan-perubahan pokok yang berkaitan dengan praktikum keguruan. Sehingga nantinya harus ada sinkronisasi antara program S1 pendidikan dengan PPG.

“Karena itu FITK sebagai penyelenggara dituntut harus bisa menentukan dan menjalankan praktikum yang terstandar sesuai dengan kebijakan yang berlaku,” ungkapnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge