0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Merapi Keluarkan Lava, BPBD Klaten: Tak Ada Kepanikan

Dok.Timlo.net/ Nanin
Gunung Merapi (Dok.Timlo.net/ Nanin)

Klaten —¬†Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Klaten menghimbau masyarakat Klaten agar tidak khawatir dengan guguran lava material vulkanik dari puncak Gunung Merapi, Selasa (11/8) kemarin.

“Semalam kami naik ke Desa Balerante di Kecamatan Kemalang dan warga setempat ternyata tidak mendengar suara apa pun. Tidak ada kepanikan, biasa saja,” kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Pelaksana Harian BPBD Klaten, Bambang Sujarwo melalui Operator Pusdalops BPBD Klaten, Arif Fuad Hidayah, Rabu (12/8).

Seperti diketahui, Selasa (11/8), sekitar pukul 07.42 WIB, terjadi guguran lava material vulkanik dengan jarak mencapai 900 meter ke arah barat daya, hulu Kali Lamat, Kabupaten Magelang, tepatnya di kubah lava 98 sektor barat.

Namun demikian, Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyatakan guguran tersebut masih normal dan tidak mengancam keselamatan penduduk.

“Berdasarkan BPPTKG tidak ada sesuatu yang mengkhawatirkan dan tidak terkait dengan proses magmatik merapi. Warga di sana (Balerante) tetap beraktivitas normal seperti biasanya. Kalau isunya ada gempa dangkal itu tidak benar,” imbuhnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge