0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Lawan StageFright, Google Rilis Update Untuk Nexus dan Android One

Tes stagefright

Dok: Timlo.net/Google+

Tes stagefright

Timlo.net—Bulan ini para pengguna Android dihebohkan dengan pemberitaan tentang adanya bug (cacat program) pada alat playback multimedia di Android yang disebut Stagefright. Cacat ini membuat seorang hacker bisa membajak smartphone atau tablet Android dengan mengirim pesan MMS yang mengandung sebuah video yang disisipi kode malware. Yang membuat serangan ini berbahaya adalah karena sang korban tidak perlu membuka pesan atau melihat video yang dikirim dalam MMS untuk mengaktifkan kode malware itu. Setting default aplikasi Hangouts di Android langsung memproses video dan gambar itu secara otomatis supaya bisa menampilkannya di aplikasi Gallery.

Pemberitaan adanya Stagefright ini membuat para produsen smartphone dan tablet Android berlomba-lomba untuk merilis update untuk mengatasi cacat program ini. Samsung, HTC, LG, BlackPhone dan Sony adalah beberapa perusahaan yang merilis update untuk melawan Stagefright.

Google juga merilis update pada Nexus 4-10 dan ponsel Android One. Update untuk Nexus 4,5,6,7,8,9 dan 10 ini memiliki nomor build LMY48I. Sementara untuk ponsel Android One, update itu memiliki nomor build LMY48K, dirilis mulai Selasa, 11 Agustus 2015.

Beberapa pengguna Android One di Indonesia juga sudah menerima dan menginstal update yang berukuran 18,7 MB itu. Beberapa anggota halaman Android One Group Indonesia di Google+ berbagi foto di mana mereka menerima notifikasi update ini. Salah seorang pengguna, Rico Maiyansyah juga memposting foto screenshot di mana dia menguji kerentanan ponsel Android One terhadap Stagefright dengan aplikasi. Dalam foto itu terlihat bahwa ponselnya tidak lagi rentan terhadap bug itu.

 

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge