0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

10 Hal Yang Harus Anda Tahu Tentang Alphabet

Struktur Alphabet

Dok: Timlo.net/CNN Money

Struktur Alphabet

Timlo.net—Minggu ini, Google mengumumkan jika mereka berganti nama menjadi Alphabet. Dan Alphabet sekarang memiliki Google dan Google memiliki seorang CEO baru. CEO baru ini akan melapor atau bertanggung jawab ke CEO lama. Bingung?

Jika Anda bingung, maka kalian perlu memahami 10 hal ini:

1. Google menstrukturisasi ulang bisnisnya. Mereka memisahkan beberapa proyek misalnya soal mobil tanpa sopir dan penelitian anti penuaan menjadi beberapa perusahaan berbeda. Alphabet akan menjadi perusahaan induk dari semua perusahaan kecil itu. Termasuk di dalam perusahaan-perusahaan cabang Alphabet adalah Google.

2. Kita tidak akan melihat perubahan-perubahan yang drastis, paling tidak sekarang. Secara sekilas, yang kita lihat adalah Google mengubah namanya menjadi Alphabet dan menciptakan sebuah perusahaan cabang yang disebut Google. Perusahaan Google yang baru ini akan terus melanjutkan layanan mereka yang sudah sering kita dengar dan pakai termasuk mesin pencari, Android, YouTube, Maps dan Google Apps.

3. Jangan berharap mendengar terlalu banyak tentang Alphabet. Perusahaan ini adalah perusahaan induk dengan produk-produk konsumer sendiri. Alphabet bukanlah pemilik situs Alphabet.com. Situs resmi Alphabet adalah abc.xyz.

4. Alphabet dikelola serupa dengan Berkshire Hathaway milik Warren Buffett. Masing-masing bisnis termasuk Google, akan memiliki CEO sendiri. Mereka akan bertanggung jawab kepada CEO Alphabet (mantan kepala Google) Larry Page.

5. Page dan pendiri Google lainnya, Sergey Brin mundur dari posisi mereka di Google untuk mengepalai Alphabet. Page akan menjadi CEO dan Brin akan menjadi presiden Alphabet.

6. CEO baru Google adalah Sundar Pichai. Dia adalah salah satu pejabat tinggi Google yang karirnya melesat naik sejak bergabung tahun 2004. Dia pernah memimpin tim Google Toolbar, lalu Chrome. Dia juga pernah mengepalai Android. Sekarang dia akan menjadi CEO Google dan mengepalai semua produk Google termasuk YouTube, walaupun YouTube tetap dipimpin oleh CEO Susan Wojcicki.

7. Struktur Alphabet dimaksudkan untuk memberikan setiap bisnis atau perusahaan adalah lebih banyak kebebasan dan kemandirian untuk bertumbuh. Dalam memo ke para investor, Page berkata dia ingin perusahaan yang lebih bersih dan bertanggung jawab. Karena Calico, Google X, dan Nest tidak berkaitan dengan bisnis inti Google, memisahkan ketiganya menjadi perusahaan baru adalah tindakan yang masuk akal.

8. Google memperkerjakan kepala finansial Wall Street beberapa bulan lalu, Ruth Porat. Sekarang dia menjadi CFO Alphabet, dan mengatakan dia ingin menambahkan lebih banyak transparasi kepada bisnis Google. Struktur baru Alphabet membuat para investor bisa melacak seberapa baik perkembangan proyek-proyek sampingan Google juga perkembangan bisnis inti Google.

9. Pembentukan Alphabet adalah bagian dari usaha Google untuk menyenangkan para investor. Para pemegang saham Google makin lama makin kuatir jika modal dalam jumlah banyak yang mereka tanam tidak akan terbayar. Karena 90 persen penghasilan Google dari iklan, Page dikritik karena tidak fokus pada bisnis mesin pencari dan sibuk dengan proyek-proyek sampingan. Sekarang, karena Google menjadi perusahaan yang terpisah dengan proyek-proyek itu, maka mereka bisa lebih fokus.

10. Para investor senang. Harga saham Alphabet naik 6 persen sejak pengumuman ini.

Sumber: CNN Money.

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge