0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hadi Santoso : Pemerintah Main-main Dengan Ekplorasi Tambang Batu

timlo.net/tarmuji

Aktifitas tambang batu andesit di basecamp milik PT Ratna, Sejati, Giriwoyo

Wonogiri — Terkait beroperasiya kembali tambang batu andesit, mendapatkan perhatian serius dari legislator propinsi. Bahkan, legislator mempertanyakan keseriusan PESDM Kabupaten dan propinsi dalam menangani penambangan batu di Gunung Wiyu Desa Sejati Kecamatan Giriwoyo.

“Saya sudah cek lapangan bahwa luasan melebihi dari ijin yang diajukan 0,8 menjadi lebih dari 1 Ha yang dieksplorasi,” terang anggota DPRD Propinsi Jawa Tengah, Hadi Santoso, saat dikonfirmasi via selulernya, Selasa (11/8).

Tak hanya itu saja, ada keluhan warga terkait ijin gangguan (HO) dipalsukan tanda tangannya pada saat pengajuan. Ada keberatan dari masyarakat soal dampak debu, bising dan getaran akibat ledakan.

“Pernah diterbitkannya penutupan sebanyak dua kali, baik oleh kabupaten maupun oleh propinsi. Namun saat ini dibuka kembali,” kata legistor asal Kecamatan Giriwoyo ini.

Dikatakan, hal itu menunjukkan pemerintah main-main terhadap eksplorasi yang merugikan warga. Tidak adanya kepastian hukum, dapat memicu perpecahan di tengah masyarakat.

“Jangan ajarkan masyarakat dengan tidak adanya kepastian hukum, karena bisa berimplikasi pada perpecahan di tengah warga. Saling curiga yang berimplikasi pada potensi anarkisme,” tegasnya.

Anggota Legistor dari Fraksi PKS ini juga menambahkan, ekplorasi tambang batu harus dihentikan dulu. Jangan sampai polemik ini berkepanjangan, menghantui dan membuat masyarakat sekitar ketentramannya terampas.

“Beresin dulu masalahnya, setelah clear silahkan dibuka lagi,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge