0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

DPRD Sragen Soroti Silpa Rp 245,7 Miliar

dok.timlo.net/agung widodo
Sidang Paripurna DPRD Sragen (dok.timlo.net/agung widodo)

Sragen – Sejumlah fraksi di DPRD Sragen menyayangkan besarnya dana sisa lebih perhitungan anggaran (Silpa) senilai Rp 245,7 miliar dari total APBD 2014 Rp 1,7 triliun. Tingginya Silpa dinilai sebagai bentuk kurang cermatnya perencanaan sekaligus lemahnya penyerapan anggaran di lingkungan satuan  kerja pemerintah daerah (SKPD). DPRD meminta agar Pemkab memaksimalkan anggaran untuk pembangunan demi meningkatkan kesejahteraan warga Sragen.

”Berbagai program dan alokasi anggaran pembangunan daerah diperbaiki. Sebab peningkatan pendapatan dan besarnya belanja daerah ternyata belum berdampak optimal terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat di Sragen,” kata Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB), Faturrohman dalam sidang paripurna, Senin (10/8).

Dalam pendapat akhir fraksi, FPKB menyatakan, dengan adanya predikat wajar dengan pengecualian (WDP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menunjukkan laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2014 masih ada beberapa kelemahan. Selain itu FPKB juga memberikan penilaian akuntabilitas keuangan daerah yang ditunjukkan dalam Laporan Hasil Pemeriksaan BPK baru sebatas kewajaran administrasi. Sementara masalah efektivitas dampak dari alokasi anggaran terhadap tingkat kesejahteraan warga, dinilai masih perlu mendapat perhatian bersama.

Sedangkan juru bicara Fraksi PDIP, Suparno mengatakan, predikat WDP dari BPK diberikan kepada Pemkab Sragen sejak beberapa tahun terakhir. Untuk itu FPDIP meminta Pemkab terus melakukan perbaikan dan optimalisasi kinerja. Termasuk Silpa APBD tahun 2014 senilai Rp Rp 245,7 miliar tersebut diharapkan dapat dipergunakan untuk untuk pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di Sragen.

”Kami meminta Pemkab mengevaluasi dan melakukan perbaikan kinerja, sehingga kelak bisa mencapai predikat wajar tanpa pengecualian (WTP),” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge