0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Google Ciptakan Perusahaan Baru, Alphabet

Dok: Timlo.net/ Wikipedia.
Logo Google. (Dok: Timlo.net/ Wikipedia.)

Timlo.net—Para pendiri Google mengumumkan rencana mereka menciptakan sebuah perusahaan induk baru disebut Alphabet.

Perusahaan baru ini akan membawahi Google dan unit-unit usaha lain yang sebelumnya menjadi bagian Google, misalnya laboratorium Google X dan badan investasi milik perusahaan itu.

Pendiri Google Larry Page akan menjadi CEO Alphabet, sementara rekan sesama pendiri lainnya Sergey Brin akan menjadi presidennya. Sementara Sundar Pichai, akan menjadi CEO Google. Tindakan ini dikatakan sebagai usaha merampingkan Google dan melucuti bisnis-bisnis yang berada di bawah naungannya yang dianggap tidak sesuai dengan kompetensi inti mesin pencari raksasa itu.

“Kami tidak bermaksud menjadi sebuah brand consumer besar dengan produk-produk terkait—intinya perusahaan-perusahaan Alphabet harus independen dan mengembangkan brand-brand mereka sendiri,” tulis Brin dalam sebuah artikel blog.

Alphabet akan menggantikan Google sebagai perusahaan publik. Informasi finansial Google akan dilaporkan secara terpisah dari entitas lain misalnya Wing, yang berfokus pada drone, dan Calico, unit yang bertujuan mengembangkan teknologi untuk membuat manusia panjang umur.

Para investor sudah lama meminta adanya transparansi yang lebih terhadap kinerja finansial Google. Perubahan struktur ini diharapkan terjadi pada awal kuartal keempat pada Januari 2016. Perubahan ini memberikan pengakuan yang besar untuk Pichai, yang karirnya maju pesat. “Dia benar-benar maju sejak Oktober tahun lalu, saat dia mengambil tanggung jawab untuk produk dan teknisi dari bisnis internet kami,” tulis Brin.

“Saya dan Sergey sangat senang terhadap perkembangan dan dedikasinya untuk perusahaan,” tambah Brin.

Sumber: Mirror.co.uk

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge