0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Harga Daging Sapi Melonjak, Permintaan Anjlok

timlo.net/setyo puji s

Seorang pedagang tengah menunggui daging dagangannya

Solo – Sejumlah pedagang daging sapi di pasar tradisional Solo mengeluhkan sepinya penjualan. Hal itu lantaran untuk harga daging sapi relatif masih stabil tinggi meski Lebaran telah usai.

“Harga daging sapi sekarang ini masih relatif sama dengan kondisi saat Lebaran kemarin, yaitu diangka  angka Rp 110 Ribu-120 Ribu per kilogram. Padahal harga normal sebelumnya hanya Rp 90 Ribu-Rp 100 Ribu per kilogram,” ujar salah satu pedagang daging sapi di Pasar Legi, Pujiani Daryanto kepada Timlo.net, Senin (10/8).

Menurutnya, tingginya harga daging sapi tersebut karena pasokan cenderung berkurang dari para peternak. Bahkan diprediksi harganya akan terus melambung tinggi seiring dengan mendekati perayaan Idul Adha.

“Alasannya dari para peternak beragam, ada yang bilang musim kemarau ini susah nyari pakan sehingga harus beli konsentrat. Adapula yang menyimpanya dulu karena Idul Adha harganya bisa meningkat beberapa kali lipat,” jelasnya.

Karena dampak dari tingginya harga tersebut permintaan daging sapi di tempatnya saat ini turun secara drastis, jika dibandingkan hari normal sebelumnya.

“Saat harga normal kemarin sehari bisa menjual 3-4 kwintal daging sapi. Namun untuk saat ini hanya sekitar 1-1,5 kwintal. Masyarakat lebih memilih daging ayam karena harganya lebih murah,” tandasnya.

Sementara pedagang lainya, Tatik (65) mengatakan, tingginya harga daging sapi saat ini membuat para pelanggannya kabur. Mereka lebih memilih membeli daging ayam karena lebih murah.

“Sehingga untuk menyiasati biar tidak rugi dengan terpaksa kita mengurangi stok daging. Takutnya nanti kalau belinya banyak, malah tidak laku,” keluhnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge