0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Akhirnya, Pemerintah Restui Impor Daging Sapi

dok.merdeka.com

ilustrasi

Timlo.net – Pemerintah akan membuka keran impor daging sapi. Perusahaan Umum Badan Urusan logistik (Perum Bulog) ditunjuk Kementerian Perdagangan (Kemendag) untuk menjadi operatornya.

Direktur Utama (Dirut) Perum Bulog Djarot Kusumayakti mengaku pihaknya siap merealisasikan impor 50.000 ekor sapi pada bulan ini.

“Saya perkirakan (impor sapi) sekitar 50.000 ekor. Memang bertahap,” ujar Djarot, Senin (10/8).

Djarot meyakini jika dibukanya keran importasi guna menjaga stabilitas pasokan serta harga daging sapi yang kini tengah melonjak di pasar. Ditunjuknya bulog sebagi operator impor sapi dimaksudkan agar peran negara konkret dalam menjaga stabilitas harga.

“Artinya Bulog akan samakan fungsi stabilisasi harga dan pasokan seperti yang dibicarakan,” tuturnya.

Meski demikian, Djarot mengaku setelah izin impor dibuka, pihaknya tidak bisa serta merta langsung merealisasikannya. Pasalnya, Bulog harus menyurati Kementerian Pertanian terkait izin tersebut untuk mendapatkan rekomendasi.

“Saya dengan surat (ijin) itu, akan membawa ke Kementan untuk memperoleh spesifikasi teknis sapi yang boleh diimpor,” ujarnya.

Setelah rekomendasi dari Kementan dikantongi, selanjutnya Bulog akan membawa surat itu ke Kemendag guna mendapatkan ijin dilaksanakannya impor.

“Jadi saya kira paling lama tidak lebih dari minggu ini. Kan semua harus cepat. Saya sudah koordinasi dengan Kementan agar segera merespon permintaan kami,” pungkasnya.

[bim]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge