0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Rotterdam, Obyek Wisata Tengah Kota Makassar

Fort Rotterdam di Makassar, Sulsel (dok.timlo.net/tyo eka)

Makassar — Fort Rotterdam adalah salah satu obyek wisata terkenal, dan berada di tengah kota Makassar, Sulawesi Selatan. Letaknya tidak lebih dari 1 km dari Balaikota Makassar. Sehingga menjadi tujuan utama wisatawan yang sempat mampir di kota Makassar.

Fort Rotterdam sebelumnya dikenal sebagai Benteng Ujung Pandang dibangun oleh Raja Gowa IX, Daeng Matanre Karang Manguntungi Tumaparisi Kallonna dan diselesaikan oleh puteranya yakni Raja Gowa X, I Manriwa Gau Daeng Bonto Karaeng Lakiung Tunapallangga Ulaweng pada tahun 1545.

“Pada masa Pemerintah Sultan Hasanuddin pernah dijadikan sebagai pusat persiapan perang, dan perang berakhir melawan Belanda, diserahkan kepada Belanda tahun 1667,” ungkap Jamal, salah satu petugas jaga.

Setelah diambil alih oleh Belanda, Benteng Ujung Pandang namanya dirubah menjadi Fort Rotterdam. Sejak itu Rotterdam menjadi markas komando pertahanan, pusat perdagangan, pemerintahan dan pemukiman pejabat-pejabat Belanda serta tempat tahanan bagi penentang Belanda.

“Bahkan Pangeran Diponegoro pernah ditahan di Benteng Rotterdam pada tahun 1834 – 1855,” ungkapnya.

Fort Rotterdam memiliki luas sekitar 3 ha, berbentuk lima sudut seperti penyu. Tinggi tembok bervariasi, antara lima meter hingga tujuh meter, setebal 2 meter. Dengan bagian dalam benteng, terdapat 15 bangunan, masing-masing 14 bangunan peninggalan Belanda dan satu peninggalan Jepang karena memang pernah dikuasi Jepang.

Usai kemerdekaan RI, menjadi benteng pusat pertahanan TNI, namun sejak tahun 1974 ditetapkan sebagai pusat budaya Sulawesi Selatan, terutama sarana wisata budaya dan pendidikan.

“Sekarang di dalamnya ada yang dimanfaatkan sebagai Kantor Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Sulawesi selatan dan kantgor Museum Negeri Propinsi Sulawesi Selatan, La Galigo,” jelas Jamal.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge