0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kunjungi KPU Solo, Husni Tanyakan Musim Mantenan

dok.timlo.net/daryono
Ketua KPU RI Husni Kamil Malik (baju batik) mengenakan pin Pilkada yang diterimanya dari Ketua KPU Solo, Agus Sulistyo (dok.timlo.net/daryono)

Solo —¬†Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Husni Kamil Malik menyempatkan diri mengunjungi KPU Solo, Senin (10/8).

Husni mampir di Solo sebelum terbang ke Jakarta melalui Bandara Adi Soemarmo Solo. Sebelum mampir di Solo, Husni melakukan kunjungan ke KPU Pacitan, Wonogiri dan Sukoharjo.

Dengan didampingi Ketua KPU Jawa Tengah, Joko Purnomo, Husni tiba di KPU Solo sekitar pukul 13.00 WIB. Ia diterima langsung Ketua KPU Solo Agus Sulityo ditemani komisioner KPU Solo lainnya.

Dalam pertemuan yang berlangsung singkat, banyak hal meyangkut persiapan Pilkada di Solo ditanya Husni. Diantaranya menyangkut perkembangan pendaftaran calon, proses pencocokan dan penelitian (Coklit) Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4), dan partisipasi pemilih.

“Bulan Agustus – September, di sini, musim-musim kawin nggak? Musim mantenan? Kalau iya kan bagus juga dimanfaatkan untuk sosialisasi. Kalau orang mantenan ini kan langsung di tengah masyarakat. Tapi memang harus tahu jadwal dan lokasi orang mantenan,” kata Husni.

Menanggapi pertanyaan Husni, Ketua KPU Solo, Agus Sulistyo mengatakan persiapan Pilkada di Solo tinggal menunggu penetapan calon pada 24 Agustus mendatang. Adapun untuk partisipasi pemilih dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) 2014 sebesar 76 persen, Pilkada lima tahun lalu sebesar 71 persen.

Untuk strategi sosialisasi, lanjut Agus, KPU memanfaatkan agenda Pemkot seperti pawai pembangunan dan kegiatan budaya di kampung-kampung sebagai media sosialisasi. KPU juga membentuk tim untuk mendongkrak partisipasi.

“Kalau dulu ada konsep Relawan Demokrasi maka sekarang kami bentuk Tim Gerak Pasti (Tim Penggerak Partisipasi). Tim ini langsung masuk ke masyarakat,” jelasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge