0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sapi Potong di Wonogiri Langka, Pedagang Daging Menjerit

dok.timlo.net/tarmuji
Pedagang daging sapi di Pasar Wonogiri (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Bahan baku sapi potong di pasaran belakangan ini mulai langka. Di Pasar Wonogiri, sejumlah pedagang daging mengaku khawatir akan hal itu, pasalnya kelangkaan sapi potong bakal berimbas pada harga daging. Tak hanya pedagang daging, tukang jagal sapi pun ikut was-was.

“Setelah Idul Fitri lalu harga daging sapi memang cenderung turun, dari harga Rp 120 ribu per kilogram secara fluktuatif naik turun pada kisaran harga Rp 110 ribu hingga Rp 105 ribu per kilogram. Bahkan, sempat Rp 105 ribu perkilogramnya,” ungkap pedagang daging Pasar Wonogiri, Katini (50), Senin (10/8).

Dikatakan, kekhawatiran dirinya tentang daging sapi yang cenderung melonjak harganya yang akan mengakibatkan sepinya pembeli. Menurutnya, ada beberapa faktor lonjakan daging sapi. Salah satunya yakni peternak sapi yang sengaja menahan untuk tidak menjual sapinya, karena dekat dengan Hari Raya Idul Adha.

“Ya kalau sudah begini mau apa lagi, pembeli dikasih harga mahal sedikit sudah menjerit, Mas,” jelasnya.

Para jagal sapi juga sudah mengeluh karena langkanya sapi di pasaran. Dalam sehari paling-paling hanya dapat dua ekor sapi. Dimana biasanya paling sedikit mendapat tiga sampai empat sapi.

“Kalau saya saat ini satu ekor saja nggak habis,” kata seorang jagal.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge